Pertamina Tingkatkan Kepemilikan Saham di TPI Hingga 51%

Michael Reily
19 Agustus 2018, 06:00
Kilang Minyak
KATADATA
Kilang Minyak

PT Pertamina (Persero) berupaya meningkatkan sahamnya di PT Tuban Petrochemical Industries (TPI). Tujuannya agar Pertamina bisa mengendalikan dan mengelola aset kilang minyak yang dimiliki anak perusahaan tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan perusahaannya harus memiliki saham di atas 50%. “Sekarang masih 41%. Kami harus punya minimal 51% supaya bisa punya kendali,” kata dia, Rabu (15/8).

Adapun, peningkatan kepemilikan itu akan dilakukan dengan mengkonversi utang pemerintah (multi years bond) di Tuban Petro Chemical Industri menjadi saham. Setelah itu, Pertamina akan membeli saham milik negara itu di Tuban Petro.

Adapun Tuban Petro adalah induk usaha (holding) dari TPPI. “Kami akan membeli saham di Tuban Petro. Alhasil Pertamina menjadi pemegang saham di Tuban Petro dan  PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI),” ujar dia.

Berdasarkan catatan Katadata.co.id, awalnya Pertamina hanya memiliki saham 26,61%. Namun, 14 September 2015, Pertamina mengakuisisi 21,98% saham Agro Capital BV dan Agro Global Holding BV di TPPI. Alhasil, Pertamina memiliki 48,59% saham TPPI. 

Sisa saham TPPI dipegang PT Tuban Petrochemical Industries sebesar 19,16%n, Vitol BV 8,81%, Polytama Propindo 6,77%, Tuban Petroxhemicals Pte 5,15%, Nippon Catalyst Pte 4,51%, UOP 4,02%, Sojitz Corp 1,07%. Lalu, investor lain sekitar satu persen.

Dengan memiliki saham 51% di TPI itu harapannya aset TPPI berupa kilang bisa dioptimalkan kembali. Bahkan ke depan bisa menghasilkan aromatik dan poliuretan atau produk lainnya. Saat ini kilang tersebut hanya memproduksi Solar.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...