Belum Ada Ketua, JK dan Moeldoko Masuk Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf

Dimas Jarot Bayu
20 Agustus 2018, 17:26
Pertemuan Sekjen Parpol Koalisi dengan Presiden Jokowi
(Agus Suparto/Istana Negara)
Pertemuan Sekjen Parpol Koalisi dengan Presiden Jokowi, Selasa (31/7/2018) di Istana Bogor.

Koalisi Indonesia Kerja (KIK) menyampaikan susunan Tim Kampanye Nasional (TKN) untuk pasangan pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Susunan Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf diserahkan para sekretaris jenderal (sekjen) partai koalisi pada Senin (20/8).

Para Sekjen partai politik datang beriringan sekitar pukul 14.50 WIB menggunakan motor gede (moge). Mereka pun kompak mengenakan kemeja putih dengan menggulung lengan baju dan dasi berwarna merah.

Gaya mereka mirip dengan Jokowi ketika acara pembukaan Asian Games 2018 pada Sabtu (18/8) malam. Ketika itu, Jokowi juga ditampilkan datang menggunakan moge ke Gelora Bung Karno, Jakarta menggunakan setelah jas hitam, kemeja putih, dan dasi berwarna merah.

(Baca juga: Efek Ma'ruf Amin Jadi Cawapres, Isu SARA akan Bergeser ke Ekonomi)

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, tujuan mereka tak hanya untuk menyampaikan susunan Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf.

"Kami bersama-sama datang ke KPU dalam rangka melengkapi dokumen administratif, di dalamnya ada visi-misi pasangan calon," kata Hasto, hari ini.

Hasto mengatakan, susunan TKN yang diserahkan ke KPU berisi nama-nama pengisi dewan penasehat, dewan pengarah, wakil ketua, sekretaris, wakil sekretaris, bendahara, wakil bendahara. Kemudian, koordinator pemenangan pemilu partai, pengarah teritorial, juru bicara, serta para direktur TKN.

 (Baca juga: Tiga Nama Calon Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf Bukan dari Parpol)

Dalam susunan Tim Kampanye yang diserahkan ke KPU ini, posisi ketua belum ditempati. Hasto mengatakan, nama ketua masih belum diserahkan ke KPU lantaran Jokowi tengah sibuk mengurus Asian Games dan gempa bumi di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Menurut Hasto, posisi ketua akan disampaikan belakangan setelah Jokowi memiliki waktu untuk membahasnya. Hasto menilai masih ada waktu revisi susunan TKN hingga satu hari jelang kampanye untuk pengisian jabatan ketua.

"Beliau lebih mengutamakan tugas bangsa dan negara, sehingga untuk susunan tim kampanye yang kami serahkan hari ini belum memasukkan ketua tim kampanye," kata Hasto.

Beberapa nama sempat disebutkan sebagai calon ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf, di antaranya mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, mantan Ketua Umum Muhammadiyah Sirajuddin Syamsuddin, hingga pengusaha Chairul Tanjung. Hanya Mahfud yang telah menyatakan menolak jabatan tersebut.

Berikut ini susunan Tim Kampanye Nasional:

Ketua:
-

Dewan Penasehat:
Megawati Soekarnoputri
Airlangga Hartarto
Muhaimin Iskandar
Surya Paloh
Muhammad Romahurmuziy
Oesman Sapta Odang
Hary Tanoesoedibjo
Diaz Faisal Malik Hendropriyono
Grace Natalie

Dewan Pengarah:
Muhammad Jusuf Kalla
Try Sutrisno
Puan Maharani
Pramono Anung
Sri Mulyani
Agung Laksono
Akbar Tandjung
Dimyati Rois
Siswono Yudohusodo
Suharso Monoarfa
Sidarto Danusubroto
Laksamana (Purn) Marsetyo

Wakil Ketua:
Moeldoko
Lodewijk Freidrich Paulus
Abdul Kadir Karding
Johnny G Plate
Arsul Sani
Herry Lontung Siregar
Hajrianto Tohari
Eriko Sotarduga

Sekretaris:
Hasto Kristiyanto

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...