Target Lifting Minyak Bumi Terus Merosot

Anggita Rezki Amelia
20 Agustus 2018, 15:23
Sumur Minyak
Chevron

Target produksi siap jual (lifting) minyak dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2019 semakin rendah daripada tahun ini. Untuk tahun depan, pemerintah hanya menargetkan lifting hanya 750 ribu barel per hari (bph). Tahun ini padahal targetnya 800 ribu bph.

Tak hanya 2019, untuk jangka menengah yakni 2020 hingga 2022, target lifting minyak juga semakin rendah.  Tahun 2020, target lifting minyak berkisar 695-840 ribu (bph). Lalu pada 2021 sekitar 651-802 ribu bph, dan pada 2022 menjadi sekitar 589-800 ribu bph.

Advertisement

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja sama Kementerian ESDM Agung Pribadi belum mau berkomentar mengenai penyebab lifting minyak turun tahun depan. Begitu juga Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Wisnu Prabawa Taher.

Jika mengacu nota keuangan, ada beberapa upaya pemerintah untuk menahan penurunan alamiah (natural declining) lapangan migas tua agar optimal memproduksi minyak. Pertama, mempertahankan program kerja utama hulu minyak seperti pengeboran, kerja ulang dan perawatan sumur.

Kedua, mempertahankan kegiatan eksplorasi seperti studi, survei, dan pengeboran. Ketiga, mendorong komersialisasi teknologi produksi yang tepat guna seperti mengefisienkan kegiatan Enhanced Oil Recovery (EOR).

Adapun dalam kaitannya dengan peningkatan daya tarik investasi, pemerintah akan memperkuat skema kontrak bagi hasil gross split. Selain itu ada dukungan insentif fiskal serta dukungan lainnya dalam bentuk regulasi.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement