Bulog Salurkan 264 Ton Bantuan Beras untuk Korban Bencana Lombok

Michael Reily
21 Agustus 2018, 17:57
Ilustrasi Beras Bulog
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA

Perum Bulog menyalurkan bantuan sebanyak 264 ton beras  kepada korban gempa Lombok. Bantuan tersebut menggunakan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) dengan rincian CBP dari pemerintah pusat sebanyak 256 ton dan CBP daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) 8 ton.

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Tri Wahyudi Saleh menjelaskan  pada setiap kabupaten/kota, Bulog telah mengalokasikan CBP minimal  sebesar 100 ton. Sementara untuk tingkat provinsi, Bulog biasanya menyediakan 200 ton beras untuk  kebutuhan mendesak atau darurat, seperti bencana alam dan rawan pangan.

Advertisement

(Baca : Tambahan Dana Bantuan untuk Gempa Lombok Capai Rp 700 Miliar)

“Bila pemerintah merasa CBP yang telah didistribusikan kurang, Bulog siap menambah CBP sesuai permintaan dari pemerintah,” kata Tri dalam keterangan resmi, Selasa (21/8).

Selain bantuan CBP, Bulog juga telah menyalurkan makanan dan kebutuhan sandang lain senilai Rp 433 juta, termasuk Beras KITA premium sebanyak 10 ton. Bantuan berasal dari dana program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk korban gempa Lombok.

Akibat bencana gempa, Tri juga mengungkapkan beberapa gudang Bulog di NTB mengalami kerusakan. Sehingga, beras akan dikeluarkan sesuai dengan permintaan Pemerintah Daerah atau dipindahkan ke wilayah lain.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement