Antam Tertarik Beli 20% Saham Vale Indonesia

Image title
30 Agustus 2018, 11:01
logo Vale
Arief Kamaludin|KATADATA

Perusahaan tambang PT Vale Indonesia Tbk berencana mendivestasikan 20% sahamnya kepada Indonesia. PT Aneka Tambang (Antam) menyatakan tertarik untuk membeli saham perusahaan asing ini, apabila harganya cocok.

"Semuanya tergantung penawaran harga, berapa valuasinya, terus shareholder agreement bagaimana," katanya ketika ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (29/8).

Advertisement

Ketertarikan Antam mengakuisisi Vale karena induk usahanya PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) menginginkan agar Antam bisa menguasai menguasai cadangan tambang nasional. Makanya, Antam berupaya mengambil alih setiap perusahaan yang menguasai cadangan mineral nasional, termasuk Vale Indonesia.

Mengenai ketertarikan ini, Arie mengaku belum ada pembicaraan lebih lanjut, baik dengan pihak Vale maupun pemegang saham Antam. Dia menganggap, apabila serius dilakukan, Antam akan dengan mudah mencaplok 20% saham Vale.

"Saya rasa bisa dengan project financing saja, sama seperti akuisisi Freeport lah, karena pada dasarnya mereka sudah punya EBITDA dan sebagainya," kata Arie.

(Baca: Lebihi Target Menteri BUMN, Antam Taksir Operasi Smelter Mempawah 2021)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement