Rupiah Melemah, Kalbe Farma Naikan Harga Jual Obat

Image title
Oleh Ekarina
30 Agustus 2018, 07:47
obat farmasi
KATADATA
obat farmasi

Pelemahan nilai tukar rupiah yang terjadi sejak awal tahun telah menekan kinerja perusahaan farmasi. PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) misalnya, perusahaan berencana menaikan harga jual obat bebas dan produk nutrisi sebesar 3%-4% secara bertahap untuk menjaga stabilitas perolehan margin.

Presiden Direktur Kalbe Farma Vidjongtius menuturkan kondisi makro ekonomi dan pelemahan rupiah memberi andil terhadap keputusan perusahaan menaikan harga jual. Sebab, 70%-90% bahan baku obat farmasi masih berasal dari impor sehingga dampaknya terhadap peningkatan biaya produksi cukup besar.

Vidjongtius menyebut, setiap rupiah melemah 1% bisa berdampak terhadap komponen harga jual sekitar 0,035%. Sementara itu, dengan rupiah yang melemah sekitar 8% saat ini, maka perseroan menetapkan untuk menaikan harga jual obatnya sekitar 2,5%-3%.

(Baca : Industri Farmasi Paling Parah Kena Dampak Pelemahan Rupiah)

"Setelah kami melakukan kalkulasi ulang harga pokok produksi, memang sepertinya harus ada kenaikan harga untuk jenis obat bebas dan produk nutrisi. Kenaikan harga kami lakukan bertahap pada Juli, Agustus dan Oktober 2018,"kata Vidjongtius di Jakarta, Kamis (29/8).

Untuk mengurangi dampak tekanan pelemahan rupiah dan meningkatkan kinerja, Kalbe Farma juga terus menggenjot kinerja ekspor dengan target kenaikan 1% per tahun. Adapun pada tahun lalu, ekspor telah berkontribusi sekitar 6% terhadap total pendapatan perseroan atau sekitar Rp 1 triliun.

Beberapa produk perseroan kategori obat bebas seperti procold dan extra joss menurut Vidjong cukup diminati dibeberapa pasar di Afrika seperti Nigeria. Sementara untuk produk nutrisi seperti Diabetasol juga menjadi andalan penjualan perseroan di pasar Filipina.

(Baca juga: Pelemahan Rupiah Menekan Industri Makanan dan Minuman)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...