Perencana Keuangan Sebut Saat Ini Waktu yang Tepat Jual Dolar

Image title
5 September 2018, 20:39
Uang dolar
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) menguat hingga ke level tertinggi dalam 20 tahun terakhir. Posisi rupiah, Rabu (5/9) menyentuh angka Rp 14.938 per dolar AS. Pemerintah meminta masyarakat tidak panik dengan keadaan ini.

Lantas, apa yang perlu dilakukan oleh pemegang dolar AS saat ini? Perencana keuangan mengatakan sebenarnya saat ini adalah waktu yang tepat bagi investor menjual dolarnya untuk mendapatkan keuntungan. Apalagi, sepanjang tahun ini saja dolar sudah menguat hingga 10,3%, dari level Rp 13.540 pada awal tahun 2018, naik ke Rp 14.938 pada perdagangan kemarin.

Perencana keuangan dari Tatadana Consulting Tejasari Assad mengatakan pemegang dolar yang sejak awal berniat untuk berinvestasi mencari keuntungan, bisa menjual dolarnya saat ini. Pelemahan rupiah yang terjadi hingga saat ini membuat harga jual dolar sudah sangat jauh di atas harga belinya.

(Baca: Ekonomi 2019 Diramal Membaik, BI Optimistis Rupiah Kembali ke 14.300)

Biasanya investor yang bermain valuta asing (trader) memiliki target margin keuntungan yang ingin dicapai. Dia memprediksi, target margin tersebut sudah tercapai. Makanya, saat ini adalah waktu yang tepat untuk menjual dolarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...