Menteri PUPR Usul Dua Tower Wisma Atlet Tak Disewakan ke Masyarakat

Penulis: Ameidyo Daud

Editor: Safrezi Fitra

Selasa 11/9/2018, 07.00 WIB

Pemerintah berencana menyewakan 10 tower Wisma Atlet bagi masyarakat usai Asian Para Games 2018.

Venue Asian Games 2018
Katadata
Wisma Atlet Kemayoran

Pemerintah berencana menyewakan seluruh tower Wisma Atlet kepada masyarakat. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengusulkan beberapa tower tidak disewakan, sehingga masih ada bagian wisma tersebut yang dipergunakan untuk keperluan olah raga.

Saat ini 10 tower wisma tersebut dalam masa pengosongan usai helatan Asian Games. Nantinya fasilitas tersebut akan digunakan lagi untuk Asian Para Games 2018. Awalnya pemerintah memiliki rencana menyewakan wisma atlet bagi masyarakat usai dua pagelaran olah raga itu selesai. 

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

"Saya usul ada yang disisakan satu atau dua untuk olah raga," kata dia.

Basuki mengatakan seluruh fasilitas pendukung Asian Para Games 2018 sudah siap. Beberapa di antaranya adalah lift di wisma atlet hingga kolam renang yang dipersiapkan khusus ramah bagi penyandang disabilitas. Dia mengungkapkan kesiapan ini berdasarkan laporan Ketua Indonesian Asian Para Games Organizing Comittee (INAPGOC) Raja Sapta Oktohari.

(Baca: Selusin Teknologi Canggih Kawal Asian Games 2018)

Basuki juga menambahkan ke depannya venue dua helatan olah raga ini didesain multifungsi agar dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Keuntungan yang didapatkan nantinya akan digunakan dalam rangka menutup biaya pemeliharaan venue-venue tersebut.

"Seperti di Istora, Tennis Indoor, (hall) basket, semua multifungsi," kata dia. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta penyelenggaraan Asian Para Games bulan depan disiapkan dengan baik, seperti yang telah dilakukan pada ajang olah raga Asian Games beberapa waktu lalu. Dia juga meminta para penyandang disabilitas digratiskan menonton Asian Para Games 2018. 

"Terutama saya minta akses gratis bagi penyandang disabilitas untuk menonton pertandingan," kata Jokowi beberapa hari lalu. (Baca: Jokowi Minta Penyandang Disabilitas Gratis Nonton Asian Para)