DPR Pertanyakan Penurunan Anggaran KKP Sejak 2017

Michael Reily
12 September 2018, 19:49
Pusat Perikanan Nasional
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Foto udara keramba apung yang dibangun warga di atas laut pulau Sedanau, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (2/8).

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mempertanyakan penurunan Rencana Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (RAPBN) Kementerian Kelautan dan Perikanan pada 2019. Sebab, pagu anggaran KKP yang terus menurun sejak tiga tahun terakhir.

Pagu anggaran KKP tahun depan hanya sekitar Rp 5,48 triliun, lebih rendah dibanding pagu indikatif APBN 2019 sebesar  Rp 6,19 triliun.

Ketua Komisi Kelautan dan Perikanan DPR Edhy Prabowo menyatakan penurunan anggaran  sebaiknya juga tetap disertai dengan kinerja baik Kementerian Kelautan Perikanan. “Pada dasarnya saya menyetujui namun harus ada komitmen dari menteri dan direktur jenderal,” kata Edhy di Jakarta, Rabu (12/9).

Edhy menuturkan pagu anggaran KKP terus  menyusut  sejak beberapa tahun terakhir. Menurutnya,pagu anggaran KKP yang diberikan pemerintah pada tahun depan menurun dibandingkan tahun 2018 yang mencapai Rp 7,28 triliun. Bahkan, tahun 2017, KKP mendapatkan jatah anggaran mencapai Rp 9,13 triliun.

(Baca : Jokowi Minta KKP dan Bakamla Perbaiki Laporan Keuangan yang Disclaimer)

Wakil Ketua Komisi Michael Wattimena pun mengkritisi penurunan pagu anggaran KKP yang disebut tak sejalan dengan target pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

"Indonesia merupakan negara kepulauan yang mengaku sebagai poros maritim tapi mengapa anggarannya kecil,” ujar Michael.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...