Indonesia dan Korea Selatan Kolaborasi Riset Tenaga Ahli

Michael Reily
12 September 2018, 11:56
industri tekstil
ANTARA FOTO/Maulana Surya
Peserta beasiswa industri tekstil mengikuti praktek pelatihan di Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta, Solo, Jawa Tengah, Senin (12/3/2018).

Kementerian Perindustrian dan Dewan Riset Nasional Korea Selatan (National Research Council for Economic, Humanities, and Social Sciences/NRC) Korea Selatan menandatangani kesepakatan kolaborasi penerapan revolusi industri 4.0. Kerja sama sinergi kedua negara  dalam bidang riset sebagai salah hasil kesepakatan dari pertemuan bilateral pemimpin kedua negara.

“Kami akan membangun kerangka kerja sama yang sistematis dan saling menguntungkan untuk mendukung pengembangan implementasi industri 4.0,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartato dalam keterangan resmi, Rabu (12/9).

Kesepakatan kedua pihak ditegaskan dalam penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) antara Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dAn Chairman NRC Kyoung Ryung Seong, disaksikan oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

(Baca : Jokowi: Pemerintah Terlambat Respons Revolusi Industri 4.0)

Menurut Airlangga, MoU berlaku itu selama lima tahun. Dia juga menyebutkan ada empat tujuan utama dari kerja sama industri 4.0 antara Indonesia-Korea,  seperti melaksanakan kegiatan penelitian bersama, pertukaran untuk pendidikan, pembentukan jejaring antara para ahli dan profesional di masing-masing negara, serta membuka peluang proyek kerja sama.

Keduanya juga akan melakukan kolaborasi riset seiring dengan diluncurkannya  peta jalan Making Indonesia 4.0 sebagai agenda nasional dan strategi kesiapan memasuki era revolusi industri generasi keempat. Sebab, salah satu program prioritas pemerintah adalah membangun ekosistem inovasi.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...