Kenalkan Peran dan Fungsi LPS Melalui Penelitian

Image title
12 September 2018, 17:23
Didik Madiyono, Direktur Eksekutif Riset, Surveilans dan Pemeriksaan LPS
Arief Kamaludin|KATADATA
Didik Madiyono, Direktur Eksekutif Riset, Surveilans dan Pemeriksaan LPS

Penjaminan, resolusi dan stabilitas ekonomi merupakan salah satu isu yang dinilai belum populer di kalangan akademisi di Indonesia. Atas dasar itu, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) berinisiatif mempopulerkan isu tersebut melalui Call for Research dengan menggelar LPS Research Fair. Melalui LPS Research Fair, para akademisi diharapkan dapat menghasilkan riset yang dapat dijadikan sebagai literatur dan referensi dalam pengambilan kebijakan ekonomi di Tanah Air.

Untuk mengetahui lebih dalam program penelitian dan LPS Research Fair yang diselenggarakan oleh Direktorat Riset, Surveilans dan Pemeriksaan LPS, berikut tanya jawab bersama Didik Madiyono, Direktur Eksekutif Riset, Surveilans dan Pemeriksaan LPS.

 

Apa yang melatarbelakangi pelaksanaan LPS Call for Research?

LPS sebagai Lembaga yang relatif baru di Indonesia memiliki misi untuk menjadi lembaga yang terdepan, terpercaya, dan diakui di tingkat nasional dan internasional dalam menjamin simpanan nasabah dan melaksanakan resolusi bank untuk mendorong dan memelihara stabilitas sistem keuangan.

Berangkat dari hal tersebut, kami melihat salah satu cara yang cukup efektif untuk mengenalkan LPS serta membuat kami terpercaya adalah melalui riset. Areanya spesifik, yakni penjaminan, resolusi dan stabilitas sistem keuangan. Dua tema yang disebut diawal relatif belum banyak disentuh di Indonesia.

Kami ingin mendorong para akademisi untuk mulai tergerak masuk dalam isu penjaminan dan resolusi. LPS Call Paper merupakan salah satu cara untuk mulai memperkenalkan LPS dan isu-isu yang kami angkat terhadap kalangan akademisi.

Dari jumlah proposal yang masuk untuk LPS Call for Research, bagaimana LPS menilai hasilnya?

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...