KKP Targetkan Lelang Bantuan Kapal Selesai Bulan Ini

Michael Reily
12 September 2018, 18:04
Nelayan ikan
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan distribusi bantuan kapal sebanyak 208 unit kapal selesai pada akhir tahun. Hingga saat ini, KKP telah melakukan pengadaan 300 kapal melalui proses lelang yang dilakukan pada awal semester I 2018.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP Zulficar Mochtar menyatakan proses lelang kedua diharapkan rampung pada bulan ini. “Targetnya lelang pengadaan bisa segera rampung sehingga sebelum November atau Desember semuanya sudah didistribusikan,” kata Zulficar di Jakarta, Rabu (12/8).

Advertisement

Rencananya, pada 2018 KKP melakukan pengadaan sebanyak 508 unit kapal. Angka ini lebih sedikit dibandingkan 2017 yang mencapai 782 unit kapal. Namun, Zulficar tidak merinci terkait ukuran Gross Tonnage (GT) kapal hasil lelang.

(Baca : KKP Siapkan 300 Kapal Bantuan Untuk NelayanKKP Siapkan 300 Kapal Bantuan Untuk Nelayan)

Dia mengaku sebanyak 300 unit bantuan kapal belum selesai didistribusikan dengan beberapa alasan teknis,  di antaranya karena faktor wilayah penerima bantuan maupun proses verifikasi dikaji ulang.

Zulficar menjelaskan, bantuan pengadaan kapal tahun depan juga kemungkinan juga akan lebih sedikit dibanding tahun ini yakni sekitar 300 unit dengan ukuran 5 GT. Berdasarkan pagu KKP, nilai bantuan tahun depan sekitar Rp 26 miliar.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement