Indonesia Tawarkan Fasilitas dan Infrastruktur Kereta Api ke Sri Lanka

Michael Reily
13 September 2018, 20:08
Gerbong Inka
ANTARA FOTO/Siswowidodo
Pembuatan gerbong kereta ekonomi pesanan PT KAI di pabrik PT Industri Kereta Api (INKA) di Madiun, Jawa Timur, 16 Mei 2017.

Indonesia menawarkan pembangunan fasilitas dan infrastruktur perkeretaapian ke Sri Lanka. Peluang kerja sama disampaikan oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melakukan kunjungan bersama Presiden Joko Widodo.

Airlangga menjelaskan peluang bisnis  pada sektor industri perkeretaapian bisa dimanfaatkan dalam hubungan kerja sama Indonesia dengan Sri Lanka. “Kami ingin menawarkan bukan hanya menjual gerbong kereta api saja, tetapi juga pembuatan sistem persinyalan rel, depot, hingga stasiun,” katanya dalam keterangan resmi dari Sri Lanka, Kamis (13/9).

Advertisement

Airlangga menjelaskan, pemerintah telah menawarkan kerja sama melalui paket lengkap kepada Sri Lanka, yaitu berupa pembangunan fasilitas dan infrastruktur perkeretaapian. Dia juga membahas tindak lanjut rencana Sri Lanka untuk pembelian 60 gerbong kereta api milik PT INKA.

(Baca : LRT Gunakan Kereta Produksi INKA, Hyundai Akan Jadi Konsultan)

Menurutnya, Indonesia merupakan salah satu pemain besar unuk industri manufaktur perkeretaapian di Asia Tenggara. Produk industri kereta api dalam negeri telah mampu memenuhi pesanan pasar domestik, bahkan luar negeri khususnya ke negara berkembang dan kawasan regional.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement