Menpora Dukung Mekaki Marathon 2018 untuk Lombok Bangkit

Image title
Oleh
13 September 2018, 17:14
Menpora dan Pemda Lombok
Katadata

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengapresiasi aksi pemerintah daerah Lombok yang akan membangkitkan semangat para korban gempa di Lombok dan sekitarnya, dengan menggelar Mekaki Marathon 2018. Dukungan itu disampaikan Menpora bersama Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat Ispan Junaidi kepada para wartawan, Kamis (13/9) siang di Kantor Kemenpora, Jakarta. "Kita hari ini kedatangan tamu dari Lombok Barat, di mana musibah gempa di Lombok ini harus kita doakan dan beri semangat kepada para korban untuk memberikan harapan baru, dengan cara menggelar Marathon Mekaki,” ucap Menpora. Kegiatan ini menurut Nahrawi, sekaligus untuk membangun suasana baru dan membangkitkan kepercayaan dunia, bahwa masyarakat lombok kuat dan tegar menatap masa depan. “Dengan kegiatan ini diharapkan Lombok bisa bangkit," tambahnya. 

Acara Mekaki Marathon akan diselenggarakan pada 28 Oktober mendatang dengan target 2000 peserta. Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat Ispan Junaidi mengungkapkan pendaftar yang ingin ikut berpartisipasi sudah banyak sampai saat ini. Dia berharap jumlah peserta yang akan meramaikan acara ini terus bertambah. 

Berangkat dari nama pantai indah "Mekaki" di Pulau Lombok, pemkab Lombok Barat bersama para sponsor yang peduli, ingin menggerakkan kembali semangat warga Lombok melalui even olahraga sekaligus sektor pariwisata bertajuk Mekaki Marathon 2018.  Even kali merupakan tahun kedua. Pemkab memutuskan tidak menundanya di tengah suasana duka Lombok.  “Kami ingin bangkit dan terus bersemangat sangat berharap kehadiran Menpora untuk menjadi penyemangat tersendiri untuk kebangkitan saudara-saudara kita," kata Ispan 

Melalui #LombokBangkit diharapkan acara ini mampu membangun partisipasi seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk terus bersma-sama menggemakan dan menumbuhkan optimisme warga Lombok. Termasuk dengan memunculkan atlet lari kebangaan Lombok Muhomad Zohri. "Duka pasti segera berakhir, berganti keceriaan dan kegembiraan menatap masa depan lebih baik,” lanjut Ispan. Mekaki Marathon (5K-10K) 2018, menurutnya mewujudkan kebersamaan tidak hanya untuk mengembangkan prestasi untuk mencari talenta-talenta muda pelari, tetapi membangun spirit untuk bangkit dari segala keterpurukan akibat musibah gempa bagi warga seluruh Lombok. (cah)

Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...