Polri Kerahkan 272 Ribu Personel Selama Pemilu 2019

Dimas Jarot Bayu
13 September 2018, 18:26
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian
ANTARA FOTO/Reno Esnir

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan mengerahkan 272.880 personelnya untuk pengamanan selama Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Selain itu, Polri juga akan dibantu Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas).

Jumlah personel TNI yang akan dilibatkan selama Pemilu Serentak 2019 sebanyak 2/3 dari total kekuatan Polri yang dikerahkan. Sementara, Linmas yang akan diterjunkan membantu pengamanan pemilu sebanyak 1,73 juta orang. "Nantinya setiap TPS akan ditempatkan dua orang Linmas," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo di Jakarta, Kamis (13/9).

Pelibatan personel Polri, TNI, dan Linmas ini dilakukan untuk mengantisipasi berbagai masalah dalam Pemilu Serentak 2019. Dedi mengatakan saat ini berbagai masalah sudah mulai bermunculan, meski belum masuk masa kampanye Pemilu. 

(Baca: Hoaks dan Sikap Elite Politik Picu Keretakan Sosial saat Pemilu)

Salah satunya masalah tersebut terkait adanya daftar pemilih ganda. Bawaslu telah memprediksi jumlah pemilih ganda pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) mencapai 2 juta. Angka itu merupakan hasil analisa Bawaslu terhadap 285 kabupaten/kota di Indonesia.

"Masalah lain adanya potensi black campaign (kampanye hitam). Ini juga harus diselesaikan bersama," kata Dedi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...