SKK Migas Dorong Produksi Lapangan Sukowati Naik Dua Kali di 2019

Anggita Rezki Amelia
14 September 2018, 13:53
Pertamina EP Asset 4
Pertamina EP Asset 4

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) meningkatkan target produksi minyak bumi Lapangan Sukowati. Pertimbangannya adalah kinerja produksi dalam beberapa bulan terakhir.

Sejak dikelola PT Pertamina EP Mei lalu, produksi minyak Lapangan Sukowati bisa mencapai 10 ribu barel per hari (bph). Padahal awalnya hanya bisa memproduksi 6.800 bph.

Melihat kondisi itu, SKK Migas optimistis produksi Lapangan Sukowati bisa meningkat tahun depan. Adapun, target tahun ini hanya 6.214 bph. “Kami meminta agar target produksi Sukowati Field pada 2019 mencapai 20.000 bph", Kepala Divisi Exploitation Skk Migas, Wahju Utomo berdasarkan keterangan persnya, Jumat (14/9).

Namun, arahan SKK Migas itu akan dipelajari dulu Pertamina EP. "Terkait dengan target 20.000 bph, kami akan pelajari lebih lanjut potensi sumur dan sub surface yang ada dan akan kami lakukan upaya terbaik untuk upaya peningkatan produksi tersebut," kata VP Exploitation PT Pertamina EP, Wit Mulya.

Saat ini Lapangan Sukowati memiliki 36 sumur. Perinciannya 29 sumur aktif, dua sumur injeksi dan lima sumur suspend (diam). Dalam waktu dekat, Pertamina EP akan memperbaiki Bonding Cement (ikatan semen) beberapa sumur dan mengaktifkan sumur Suspend agar bisa menambah produksi.

Asset 4 General Manager Agus Amperianto mengatakan untuk mencapai target produksi Sukowati tahun depan perlu ditingkatkan sinergi antar fungsi. Setidaknya Pertamina EP akan fokus pada lima prioritas konsolidasi.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...