Iwan Jaya Azis Apresiasi Inisiatif LPS Dorong Penelitian

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
25 September 2018, 16:31
iwan jaya
Katadata

Profesor Iwan Jaya Azis mengapresiasi inisiatif Lembaga Penjamin Simpanan dalam mendorong penelitian dalam sektor ekonomi dan keuangan melalui LPS Research Fair 2018. Menurutnya, langkah ini merupakan sebuah kabar yang baik untuk meningkatkan kualitas kebijakan publik.

“Saya ucapkan selamat kepada LPS yang telah menyelanggarakan kegiatan LPS Research Fair. Hal ini seiring dengan tren lembaga pemerintah yang mulai menerapkan dan menekankan pentingnya penelitian,” paparnya saat memberikan ceramah pada LPS Research Fair 2018, Selasa (25/9) di Hotel JS Luwansa, Jakarta.

Advertisement

Lebih lanjut, ekonom yang mengajar di Amerika Serikat tersebut juga menjelaskan dengan banyaknya aktivitas penelitian akan ikut meningkatkan kualitas perdebatan mengenai kebijakan publik. Selain itu, hasil penelitian juga dapat dimanfaatkan oleh para pengambil kebijakan sebagai dasar dan referensi dalam menentukan kebijakan.

Iwan yang merupakan research advisor untuk LPS juga memaparkan salah satu ciri penelitian yang baik terutama di bidang ekonomi adalah memiliki kemampuan untuk memprediksi. Meskipun tidak ada yang mampu membuat prediksi yang akurat misalnya untuk krisis, tetapi setidaknya bisa memprediksi adanya vulnerability.

“Mudah-mudahan pengambil kebijakan betul-betul memanfaatkan hasil dari penelitian, karena tidak ada artinya jika penelitian dilakukan tanpa ada implikasi,” imbuhnya.

Ke depannya, tema riset yang menurut Iwan sangat menjanjikan adalah yang berkaitan dengan behaviour economic, pasalnya sektor keuangan saat ini dinilai semakin rumit, dan model yang dipelajari dulu mungkin sudah tidak berlaku lagi saat ini.

Pada kesempatan yang sama, Didik Madiyono, Direktur Eksekutif Riset, Surveilans dan Pemeriksaan LPS mengatakan dengan pendirian grup riset LPS pada 2017 menjadi bukti bahwa pihaknya memang mendorong penelitian berkualitas dalam bidang ekonomi terkait resolusi dan penjaminan bank demi menjaga stabilitas keuangan Indonesia.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement