Lintasarta Pastikan Keunggulan dengan 3 Data Center Terkoneksi

Image title
Oleh - Tim Publikasi Katadata
28 September 2018, 14:39
Telaah-Mobile Data
Katadata

Jakarta, 27 September 2018 – Sebagai pemain utama data center, Lintasarta terus memperkuat fasilitas ketahanan dan keamanan perusahaan. Langkah ini ditempuh melalui peningkatan tiga fasilitas data center di DKI Jakarta, Tangerang Selatan, dan Purwakarta yang terkoneksi satu sama lain, dengan jaringan data berkecepatan tinggi. Upaya ini untuk menunjang para pelaku industri mengikuti tren perusahaan global yang berfokus pada bisnis utama, dan beralih dari capital expenditure (capex) menjadi operational expenditure (opex).

“Arsitektur tiga data center yang terkoneksi ini akan memudahkan pengguna dalam menentukan strategi deployment yang paling optimal,” ungkap IT Sevices Director Lintasarta, Arya N. Soemali. Arya meyakini fasilitas ini akan memberikan kenyamanan  perusahaan-perusahaan dalam menjalankan  bisnisnya.

Advertisement

Terkoneksinya tiga data center akan menciptakan efisiensi perusahaan penggunaan layanan data center dan Data Recovery Center (DRC) yang di-bundling dengan link jaringan antardata center. Ini makin sempurna dengan tingkat keamanan tinggi yang dilengkapi dengan fitur tambahan seperti load balancer, next generation firewall, web application firewall, dan fitur keamanan lainnya.

Arya mengungkapkan, saat ini tidak semua provider data center di Indonesia memiliki layanan komunikasi data. Sehingga layanan Lintasarta menjadi nilai tambah dalam hal efisiensi dan kualitas jaringa.

Penambahan Kapasitas Data Center pun, menurut Arya, terus dilakukan seperti pada Lintasarta Technopark Data Center di Tangerang Selatan, yang memiliki kapasitas 1.500 meter persegi, setara 600 rak. Pada pertengahan 2018, Lintasarta telah  menambah kapasitas fase kedua sebesar 700 meter persegi atau setara 280 rak, melengkapi pembangunan fase satu dengan kapasitas 800 meter persegi setara 320 rak.

Penambahan kapasitas ini dilakukan karena kapasitas Lintasarta Technopark di fase satu sudah tidak dapat mengakomodir. “Untuk kapasitas data center fase kedua sudah siap untuk diisi oleh pelaku industri. Lintasarta Technopark Data Center merupakan data center dengan standar tinggi yang bisa mendukung power hingga 13 kw/rak,” ujar Arya.

Sebagai ICT Total Solution Company, Lintasarta memberikan solusi end to end untuk layanan data center, mulai dari colocation, design & build data center, dan managed operation data center yang ditunjang layanan connectivity yang dapat diandalkan, serta tenaga ahli tersertifikasi. Data center Lintasarta juga memiliki solusi IT Ressiliency yang memastikan layanan DRC dapat diandalkan dengan tingkat keamanan tinggi, akses jaringan, dan power yang terjamin. Juga pencegahan terhadap setiap potensi kerusakan dan ancaman, dan memiliki Recovery Time Objective (RTO) serta Recovery Point Objective (RPO) seminimal mungkin, demi keamanan dan ketersediaan data pelanggan.

Lintasarta juga mengimplementasikan Service Level Agreement (SLA) dengan standar tinggi melalui fasilitas Lintasarta Technopark Data Center  Tangerang Selatan. Fasilitas tersebut mampu memberikan daya terus menerus dari teknologi Diesel Rotary Uninterruptible Power Supplies (DRUPS) dan sistem pendinginan kotinyu  (continuous cooling), sehingga mampu mendukung komputasi berdensitas tinggi, serta dipasok oleh Pembangkit Listrik Negara (PLN) dengan dua sumber gardu yang terpisah.

Sedangkan fasilitas DRC Lintasarta di Jatiluhur, Purwakarta didukung oleh dua sumber listrik dari dua provider berbeda, yaitu PLN yang merupakan perusahaan pemerintah dan Jasa Tirta II perusahaan milik daerah. Kedua fasilitas ini digunakan untuk meningkatkan kesiapan layanan data center. 

Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement