Data Perdagangan Melemah, IMF Revisi Turun Proyeksi Laju Ekonomi Dunia

Rizky Alika
9 Oktober 2018, 21:52
Lagarde IMF
Arief Kamaludin | Katadata
Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde

International Monetary Fund (IMF) menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia menjadi 3,7% pada 2018 dan 2019. Sebelumnya, lembaga internasional tersebut memproyeksikan pertumbuhan ekonomi dunia mencapai 3,9% pada kedua tahun tersebut.

Penurunan proyeksi seiring dengan data perekonomian terbaru bahwa terjadi pelemahan aktivitas perdagangan, manufaktur, dan investasi dunia. "Namun secara keseluruhan, pertumbuhan ekonomi dunia masih solid dibandingkan dengan awal dekade ini," demikian tertulis dalam Survei Ekonomi dan Finansial Dunia yang dirilis dalam pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali, Selasa (9/10).

Advertisement

Meningkatnya ketidakpastian kebijakan melatarbelakangi melemahnya data perekonomian dan pertumbuhan ekonomi dunia yang lebih moderat. Ketidakpastian dalam perdagangan dunia mengemuka seiring penerapan/ancaman sanksi dagang AS terhadap mitra dagangnya, termasuk Tiongkok dan respons balasannya. Selain itu, melemahnya konsultasi multilateral dalam isu perdagangan.

(Baca juga: Hadapi Perang Dagang, Indonesia Serukan Kerja Sama 'Blok Selatan')

IMF pun menurunkan proyeksi pertumbuhan Tiongkok tahun depan menjadi 6,2% dari sebelumnya sebesar 6,4%. Sementara itu, pertumbuhan ekonomi AS diperkirakan tumbuh 2,5% atau turun dibandingkan proyeksi sebelumnya sebesar 2,7% pada tahun 2019.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement