Ketika Tim Kampanye Jokowi dan SBY Bicara Pertemuan IMF-Bank Dunia

Dimas Jarot Bayu
9 Oktober 2018, 10:45
Jokowi Terima SBY
Biro Set Pres
Presiden Joko Widodo menerima Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (09/03)

Dua hari ini, publik ramai membicarakan sidang tahunan Dana Moneter Internasonal (IMF)-Bank Dunia. Pelaksanaannya dimulai kemarin di Bali. Salah satu yang menjadi kontroversi mengenai biaya penyelenggaraan yang dituding begitu besar. Tim Kampanye Joko Widodo pun angkat bicara. Karena namanya disebut-sebut, Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga mengeluarkan pernyataan melalui Twitter.

Anggota Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Suharso Monoarfa, menilai pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia yang sedang berlangsung di Bali lebih banyak menguntungkan Indonesia. Sebab, acara tersebut didatangi 34 ribu peserta dari 189 negara.

(Baca juga: Bos IMF: Ekonomi Indonesia Dikelola Baik, Tak Perlu Diberi Utang).

Tak hanya itu, terdapat banyak lembaga keuangan di dunia yang turut berpartisipasi dalam pertemuan internasional ini. Mereka dapat melihat bagaimana prospek dan kinerja ekonomi serta bisnis di Indonesia saat ini. “Untuk kehadiran, saya kira akan lebih banyak manfaatnya,” kata Suharso di Posko Cemara, Jakarta, Senin (8/10).

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) ini juga menilai Indonesia mendapatkan komitmen pinjaman dari Bank Dunia hampir senilai US$ 1 millar atau sekitar Rp 15 triliun. Komitmen tersebut tercipta lantaran Indonesia menjadi tuan rumah acara ini. Karenanya, dia meminta tak perlu lagi perdebatan mengenai untung-ruginya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...