"Winter is Coming", IMF Ingin Negara Berkembang Naikkan Iuran

Desy Setyowati
13 Oktober 2018, 17:22
Paviliun Indonesia di Annual Meeting IMF-WB 2018
Ajeng Dinar Ulfiana|KATADATA
Indonesia Paviliun adalah bentuk sinergi BUMN yang juga didukung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian ESDM, Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Kementerian Keuangan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memperingatkan adanya ancaman ekonomi global dengan idiom yang diambilnya dari serial Game of Thrones, Winter is Coming. Dana Moneter Internasional (IMF) pun harus memperkuat sumber dayanya untuk membantu negara yang mengalami tekanan.

Caranya, "Dalam bentuk tambahan kuota, yang ukurannya ditambah”, ujar Direktur Eksekutif IMF Juda Agung di Bali Internasional Convention Center, Bali, Sabtu (13/10).

Advertisement

Tambahan kuota atau saham di IMF sudah menjadi agenda dari negara-negara anggota, yang disebut dengan rekomendasi pengaturan kuota atau General Review of Quota. "Review ini sudah yang ke-15 kalinya. Negara-negara akan menambah kontribusinya (di IMF)," kata dia.

Hanya, besarannya belum diputuskan karena masih dalam kajian. Menurutnya, besaran kenaikan kontribusi ini akan diputuskan tahun depan. "Paling lambat pada Annual Meeting 2019, karena waktunya sudah mendesak," katanya.

Ia menjelaskan, kontribusi negara yang pasarnya tengah berkembang (emerging market) di IMF masih di bawah representative. "Sebab, saham di IMF berdasarkan ukuran ekonominya. Negara yang besar tentu mempunyai saham yang lebih besar, maka kontribusinya lebih besar," katanya. Untuk itu, ia mendorong negara berkembang meningkatkan kontribusinya.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement