Teka-teki Penulis Pidato Game of Thrones Jokowi

Desy Setyowati
15 Oktober 2018, 10:26
Jokowi
Katadata/Arief Kamaludin
Presiden Joko Widodo dalam Pertemuan Tahunan IMF-World Bank Group 2018, di Nusa Dua,Bali, Kamis, (11/10)

Pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menganalogikan persoalan dunia dengan jalan cerita “Game of Thrones” mendapat sambutan khalayak. Tapi, siapakah penulis pidato yang dibacakan dalam pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia itu?

Ada yang menyangka Menteri Keuangan Sri Mulyani bertanggung jawab atas pidato yang mendapat standing ovation tersebut. "Semua bertanya siapa yang menulis. Apakah saya? Tidak, saya tidak punya imajinasi seperti itu," kata dia di Bali Internasional Convention Center, Bali, Minggu (14/10). Ia menambahkan, “Semestinya itu Pak Jokowi sendiri.”

Menurutnya, sambutan itu telah menyentuh hati peserta sidang. Sebab, idiom yang diambil Jokowi dari serial Game of Thrones yakni 'Winter is Coming' sangat relevan untuk menggambarkan tantangan ekonomi global saat ini.

Ia mencontohkan, perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok dan pengetatan kebijakan moneter memang memberi dampak negatif bagi perekonomian global. Pertarungan kedua raksasa ekonomi ini oleh Jokowi dalam pidatonya diibaratkan sebagai perebutan kekuasaan antara Great Houses di Game of Thrones.

"Selama 13 tahun saya mengikuti Sidang Tahunan IMF-Bank Dunia, belum pernah saya mendengar (sambutan) dari tuan rumah yang begitu sederhana, fokus, dan relevan. Juga ada efek 'wow' di situ yang sungguh luar biasa," ujarnya.

(Baca juga: Pidato Lengkap Jokowi yang Menyedot Perhatian di Sidang IMF-Bank Dunia)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati, Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...