Pemerintah Tak Akan Buat Aturan Khusus soal Bendera Tauhid

Dimas Jarot Bayu
9 November 2018, 15:00
unjuk rasa memprotes pembakaran bendera tauhid
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Sejumlah peserta aksi berunjuk rasa memprotes pembakaran bendera bertuliskan kalimat tauhid di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Jumat (2/11/2018).

Pemerintah tak akan membuat aturan khusus mengenai penggunaan bendera tauhid yang sempat menjadi polemik di masyarakat. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyebut persoalan kalimat tauhid dalam bendera diserahkan sepenuhnya kepada para ormas Islam untuk membahas lebih lanjut.

"Saya kira pertemuan ini sudah menghasilkan sesuatu yang sangat fundamental, strategis dan penting untuk bergerak ke depan," kata Wiranto di kantornya, Jakarta, Jumat (9/11).

Advertisement

(Baca juga: Nyanyian "Prabowo Presiden" Bergema di Aksi Bela Tauhid Jilid II)

Pertemuan digelar menyikapi pembakaran bendera bertuliskan tauhid atau pernyataan tiada Tuhan selain Allah dalam bahasa Arab, di Garut, Jawa Barat. Pelaku pembakar bendera menganggap bendera tersebut merupakan milik Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), organisasi yang terlarang di Indonesia.

Sementara, beberapa ormas Islam lainnya menilai bendera tersebut berkaitan dengan akidah dan membawa tulisan tauhid. Alhasil, mereka menganggap bendera tersebut tak boleh dibakar.

Menurut Wiranto, masing-masing pihak sudah saling memahami akar polemik pembakaran bendera. Pertemuan ini digelar melibatkan berbagai ormas seperti Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Persaudaraan Alumni (PA) 212, Front Pembela Islam (FPI), Forum Umat Islam (FUI), Front Santri Indonesia (FSI) untuk berdialog bersama.

(Baca juga: Ditangkap Aparat Arab, Rizieq Shihab Tuding Dijebak Operasi Intelijen)

Ketua DPP FSI Muhammad Hanif Alatas menyatakan forum telah menyepakati bahwa bendera bertuliskan tauhid tak ada hubungannya dengan HTI. Karenanya, Hanif menilai tak boleh ada lagi pelarangan dan pengucilan terhadap bendera tersebut.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement