Akuisisi Pabrik Baja, Krakatau Steel Akan Gandeng BUMN Karya

Image title
4 Januari 2019, 15:36
Baja Krakatau Steel
Agung Samosir|Katadata

PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. berencana untuk mengakusisi dua hingga tiga pabrik baja untuk ekspansi bisnisnya. Rencananya, untuk akusisi tersebut Krakatau Steel akan menggandeng Badan Usaha Milik Negara (BUMN) karya, yang ditargetkan akan terealisasi pada triwulan II atau triwulan III tahun ini.

"Saat ini kita sudah masuk ke sana (BUMN), bukan hanya lihat bahkan kita sudah trial dengan BUMN karya, rencananya akuisisinya akan dilakukan dengan BUMN karya," kata Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (4/1).

Meski akan bermitra dengan BUMN Karya, Silmy memastikan dalam proses akusisi dua hingga tiga pabrik baja tersebut Krakatau Steel akan menjadi pemegang saham mayoritas. Sayangnya, Silmy masih merahasiakan perihal BUMN Karya yang akan diajak bermitra tersebut. "Belum boleh diceritakan karena mereka (perusahaan) terbuka juga kan," kata Silmy.

(Baca: Wawancara Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim)

Untuk mendanai proses akuisisi, Silmy mengungkapkan, Krakatau Steel akan merestrukturisasi utang mereka sebesar US$ 2 miliar. Restrukturisasi utang tersebut bertujuan untuk membuat arus kas (cash flow) perusahaan menjadi lebih baik, sehingga perusahaan dapat mengeksplor berbagai opsi pendanaan untuk membiayai  proses akuisisi, antara lain melalui right issue, obligasi, ataupun melalui pinjaman. Silmy mengungkapkan, restrukturisasi utang tersebut akan mencapai kesepakatan pada akhir Januari ini, melalui berbagai skema.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...