Meski Lifting Blok Mahakam Turun, Arcandra Sebut Lebihi Prediksi Total

Anggita Rezki Amelia
7 Januari 2019, 19:52
Rig Tasha Mahakam
Pertamina

Produksi siap jual (lifting) minyak dan gas bumi (migas) Blok Mahakam yang dikelola PT Pertamina (Persero)  sepanjang tahun lalu tidak mencapai target. Bahkan, turun dibandingkan tahun sebelumnya. Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar yang juga komisaris Pertamina, menjelaskan kondisi pencapaian tersebut.

Menurut dia, meski belum mencapai target, kinerja Blok Mahakam dinilai melampaui prediksi operator lama yakni Total E&P Indonesie. "Lebih tinggi produksi Pertamina dibanding dengan prediksi Total," kata dia di Jakarta, Senin (7/1).

Advertisement

Mengacu data SKK Migas, lifting gas Blok Mahakam selama tahun 2018 hanya 832 juta kaki kubik per hari (MMscfd) atau hanya 75% dari target APBN 2018 sebesar 1.110 MMscfd. Capaian itu juga lebih rendah daripada tahun 2017 yang bisa menyentuh level 1.286 MMscfd.

Meski tahun lalu mengalami penurunan, Arcandra mengatakan, Pertamina sudah memetakan beberapa upaya untuk mencapai target lifting Mahakam tahun ini. "Segala upaya sedang dilakukan dengan direktur hulu yang baru," kata dia.

Di tempat yang sama, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan tahun ini Pertamina akan mengebor banyak sumur. Dengan begitu produksi blok Mahakam tetap terjaga dan meningkat.

Blok Mahakam dikelola resmi oleh Pertamina mulai 1 Januari 2018. Ada sejumlah kegiatan yang ditargetkan Pertamina pada investasi di Blok Mahakam selama 2018, di antaranya mengebor 69 sumur pengembangan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement