Datangi 5 Tempat Wisata Terbaru di Padang Ini dengan Rental Mobil

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
23 Januari 2019, 02:34
Masjid Raya Baiturrahman
ANTARA FOTO / Iggoy el Fitra
Masjid Raya Baiturrahman

Mendengar kota “Padang”, mungkin yang terlintas di benak Anda pastilah kisah Malin Kundang. Lebih dari itu, kota ini menyimpan banyak pesona yang menjadi daya tarik untuk berlibur. Mulai dari Jam Gadang, Air Terjun Anai, hingga Danau Singkarak, semuanya merupakan tujuan wisata terbaik yang ditawarkan kota ini.

Biasanya, wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke Kota Padang memilih menggunakan jasa rental mobil Padang. Dengan mobil, wisatawan bisa mengunjungi tempat-tempat populer sepuasnya. Perjalanan juga jadi lebih nyaman tanpa khawatir kepanasan atau berdesak-desakan seperti angkutan umum.

Nah, bagi yang ingin berlibur ke kota ini untuk pertama kalinya, Kata Data telah merangkum 5 tempat baru yang harus dijelajahi. Yuk, intip daftarnya berikut ini!

Masjid Raya Sumatera Barat

Destinasi wisata di Padang selalu unik, termasuk masjid yang satu ini. Dibangun di atas lahan seluas 40 ribu meter persegi, Masjid Raya Sumatera Barat tidak memiliki kubah melainkan memiliki atap lancip khas budaya Minangkabau.

Keunikan lainnya juga terlihat dari gaya bangunan yang modern dan dirancang tahan guncangan gempa bumi hingga 10 skala richter. Selain itu, dinding atap masjid menggambarkan bentangan kain yang digunakan untuk mengusung batu Hajar Aswat.

Kini, masjid yang dikenal sebagai Masjid Mahligai Minang menjadi ikon dari Kota Padang. Lokasinya berada di Jalan Khatib Sulaiman, Padang Utara, di mana letaknya tak jauh dari Kantor Gubernur Sumatera Barat.

Taman IORA

Taman IORA (Indian Ocean Rim Association) dibangun untuk mengenang KTT IORA ke-15 di Padang pada 2015. Siapa sangka, taman ini kini menjadi destinasi wisata bagi warga lokal dan wisatawan untuk berfoto dengan latar tulisan besar “PADANG”.

Taman IORA juga memiliki daya tarik dari segi lokasi. Berada di tepi Pantai Padang, pengunjung dapat bersantai sambil menikmati panorama laut lepas. Lokasinya di pusat kota juga membuat taman ini mudah dijangkau dengan kendaraan apa pun, terlebih lagi menggunakan rental mobil Padang.

Air Terjun Lubuk Hitam

Air terjun ini disebut-sebut sebagai salah satu air terjun cantik sekaligus menjadi yang tertinggi di Kota Padang. Berada sekitar 25 km dari pusat kota, Air Terjun Lubuk Hitam juga terbilang unik karena memiliki tiga tingkatan air terjun dengan ketinggian yang berbeda-beda.

Air Terjun Lubuk Hitam terletak di Kampung Guo, Kuranji. Wisatawan dapat mengaksesnya menggunakan rental mobil Padang dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Namun untuk mengakses air terjun, Anda harus berjalan kaki di jalan tanah setapak selama 15 menit dari area parkir.

Banyak orang menjadikan Air Terjun Lubuk Hitam sebagai pilihan lokasi berlibur, karena panorama alam yang masih alami dan bisa bermain air sepuasnya. Selain itu, tiket masuknya juga cukup terjangkau hanya Rp5.000 per orang.

Lawang Adventure Park

Dari pusat kota, Lawang Adventure Park bisa ditempuh sekitar 2 jam berkendara. Lokasi tepatnya berada di Jalan Raya Lawang Batu Basa, Nagari Lawang, Kabupaten Agam, dan mudah diakses menggunakan mobil sewaan. Meski cukup jauh, perjalanan tak akan membosankan karena akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah.

Lawang Adventure Park menyajikan pesona Danau Maninjau dari ketinggian. Berbagai fasilitas juga tersedia, seperti berbagai spot swafoto yang unik, permainan outbond, hingga villa. Bagi penggemar olahraga ekstrem, Anda dapat mencoba paralayang untuk merasakan sensasi terbang di atas Danau Maninjau.

Tarif tiket masuk Lawang Adventure Park ditawarkan Rp15.000 per orang pada akhir pekan. Hindari datang di siang hari kabut akan turun yang membuat pemandangan di sekitarnya cukup sulit dinikmati.

Pulau Pasumpahan

Ingin menepi dari padatnya Kota Padang? Liburan ke Pulau Pasumpahan bisa menjadi pilihan tepat. Hamparan pasir putih yang lembut dan airnya yang jernih, ditambah alam bawah laut yang masih terjaga akan membuat Anda betah berada di pulau ini.

Dari pusat kota, Pulau Pasumpahan dapat ditempuh sekitar 40 menit menggunakan rental mobil Padang menuju dermaga di Kelurahan Sungai Pisang, Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Setibanya di dermaga, Anda harus melanjutkan perjalanan menuju Pulau Pasumpahan sekitar 25 menit.

Wisatawan akan dikenakan tiket masuk pulau sebesar Rp15.000 per orang. Tarif ini belum termasuk sewa perahu warga yang dibandrol dengan harga mulai dari Rp50.000 per orang untuk perjalanan pulang pergi.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Padang yang dapat Anda kunjungi. Pilihan tersebut juga mudah diakses menggunakan mobil sewaan dari pusat kota. Dengan begini, Anda bisa merasakan pengalaman liburan yang menyenangkan meski baru pertama kali berlibur ke Padang.

Bicara soal mobil sewaan, jasa rental mobil di Padang kini sudah banyak tersedia dan dapat dipesan secara online. Salah satunya melalui Online Travel Agent (OTA) yang menawarkan jasa rental mobil Padang dengan berbagai pilihan mobil dari penyedia terverifikasi. Proses pemesanannya juga mudah, cepat, dan aman lewat aplikasi/situs saja, sehingga rencana liburan Anda dapat berjalan lancar sesuai harapan.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...