Timses Jokowi Tak Tahu soal Penerbitan Indonesia Barokah

Ameidyo Daud Nasution
26 Januari 2019, 08:57
Tabloid Indonesia Barokah
ANTARA FOTO/OKY LUKMANSYAH
Petugas Bawaslu menunjukkan tabloid Indonesia Barokah di Kantor Bawaslu Kota Tegal, Jawa Tengah, Jumat (25/1/2019). Bawaslu Kota Tegal masih menyelidiki isi tabloid Indonesia Barokah yang sudah tersebar di sejumlah masjid dan yayasan di Kota Tegal dengan pengirim tak dikenal, karena Kantor Pos Kota Tegal menerima 11 kantong yang masing-masing kantong berisi 50 sampul (satu sampul berisi tiga eksemplar tabloid).

Tim Kampanye Nasional Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin mengaku tidak mengetahui siapa yang berada di balik penerbitan tabloid Indonesia Barokah yang disebut mendiskreditkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Pasangan calon nomor urut 01 juga dinilai tidak diuntungkan dengan adanya peredaran tabloid yang menyasar sejumlah tempat ibadah tersebut.

Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding, mengatakan peredaran tabloid tersebut di luar kendali TKN. "Secara institusi kami tidak tahu. Kami juga kaget itu dilakukan," kata Karding, di Jakarta, Jumat (25/1).

Advertisement

Meski demikian, Karding menilai tabloid tersebut tidak berisi kampanye hitam (black campaign) terhadap pasangan calon presiden tertentu. Menurutnya, isi dari tabloid itu relatif sesuai dengan data dan fakta sehingga cenderung sebagai kampanye negatif.

Berbeda dengan kampanye hitam, dia beranggapan kampanye negatif sah-sah saja dilakukan. "Asal ada data dan fakta. Yang tidak boleh itu kampanye hitam," kata Karding. Ia juga mempersilakan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga untuk melaporkan tabloid ini ke Dewan Pers.

(Baca: Bawaslu: Indonesia Barokah Tak Penuhi Unsur Pelanggaran Kampanye)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement