Debat Pilpres Putaran Pertama Tak Menarik, Penonton Minim

Dimas Jarot Bayu
30 Januari 2019, 17:41
Debat Capres I 2019
Arief Kamaludin | Katadata
Suasana Debat Pilpres 2019 putaran pertama di Hotel Bhidakara, Jakarta, Kamis (17/1)

Animo masyarakat untuk menonton Debat Pilpres 2019 putaran pertama dinilai masih minim. Berdasarkan hasil sigi Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, hanya 50,6% dari total populasi masyarakat Indonesia menonton debat tersebut.

Sebanyak 46,7% responden mengaku tidak menonton debat capres. Sementara itu, sebanyak 2,7% responden tidak menjawab. "Yang menonton debat hanya sebagian saja," kata Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby di kantornya, Jakarta, Rabu (30/1).

Advertisement

Dari jumlah penonton debat, cuma 29,6% responden saja yang menonton utuh. Angka ini hanya sebesar 14,9% dari total populasi. Adapun sebanyak 69,9% responden mengaku hanya menonton sebagian debat. Adapun, 0,5% responden tidak menjawab.

Jika dibedah dari tingkat pendidikan, jumlah orang yang menonton debat secara utuh paling banyak berasal dari orang yang pernah kuliah atau di atasnya. Jumlahnya mencapai 39,6%.

Responden dengan pendidikan SLTA atau sederajat yang menonton debat secara utuh hanya sebesar 30,9%. Responden dengan pendidikan SLTP sebesar 29,2%. Sementara itu, lulusan SD hanya sebesar 23,2%.

Hal serupa terlihat pada penonton berdasarkan tingkat pendapatan. Masyarakat yang menonton debat secara utuh paling banyak berasal dari mereka yang pendapatannya di atas Rp 3 juta, yakni sebesar 35,2%.

Responden dengan pendapatan Rp 1-3 juta yang menonton debat secara utuh sebesar 54,5%. Sementara, terdapat 27,4% responden yang pendapatannya kurang dari Rp 1 juta menonton debat secara utuh.

Berdasarkan gender, laki-laki merupakan yang paling banyak menonton debat secara utuh, yakni 38%. Jumlah perempuan yang menonton debat secara utuh hanya sebesar 19,4%.

Berdasarkan wilayah, orang yang tinggal di kota paling banyak menonton debat secara utuh, yakni sebesar 29,7%. Sedangkan di desa, sebanyak 29,6% responden menonton debat secara utuh.

Dari basis agama, ada 31,3% pemilih muslim yang menonton debat secara utuh. Sementara non-muslim yang menonton debat secara utuh sebesar 21,2%.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement