Angkat Elektabilitas di Sumbar, Ma'ruf Amin Gunakan Pendekatan Agama

Ameidyo Daud Nasution
6 Februari 2019, 19:14
Jokowi dan Ma'ruf Amin
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma\'ruf Amin usai pengundian nomor urut di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta.

Pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin akan meningkatkan elektabilitasnya di Sumatera Barat dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 dengan pendekatan agama. Dukungan dari sejumlah tokoh Minang di Jakarta diperkirakan mampu mendongkrak keterpilihan paslon tersebut.

Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin mengakui, agak berat menembus suara masyarakat Sumbar untuk memilih dirinya dan Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilpres mendatang. Pasalnya, Sumbar merupakan kantong suara bagi kubu Prabowo Subianto. Dalam Pilpres 2014, Prabowo yang saat itu berpasangan dengan Hatta Rajasa meraih 76,9% suara di Sumbar sedangkan Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla hanya meraup 23,1% suara.

Advertisement

Oleh sebab itu, dirinya menyiapkan sejumlah cara untuk mendapatkan suara dari masyarakat di sana. Selain memberdayakan relawan dan Tim Kampanye Daerah (TKD), Ma'ruf juga menjanjikan masyarakat Minangkabau bebas dari buta Al-Qur'an.

"Memang Sumbar ini agak berat. Apa yang belum? (Baca) Al-Qur'an. Kami akan dorong nanti," ujarnya setelah menerima dukungan dari sejumlah tokoh Minang di sebuah rumah makan Padang, di Jakarta, Rabu (6/2). Tokoh-tokoh Minang tersebut antara lain Mantan Menteri Perdagangan dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Muhammad Lutfi, Ustaz Musnar Agus Sikumbang, Politisi Nasdem Ahmad Sahroni, dan Aktris Nirina Zubir.

Pendekatan agama ini bisa dilakukan untuk mendorong perolehan suara Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres April nanti. Apalagi, pembangunan fisik seperti infrastruktur dan bantuan sosial sebenarnya sudah berjalan baik di provinsi tersebut.

Bahkan, Ma'ruf sempat menyayangkan ketiadaan tes membaca kitab suci bagi capres dan cawapres. Apabila ada, masyarakat Minangkabau dapat mengetahui calon pemimpinnya yang bisa menjadi imam dalam ibadah. Lebih lanjut, dia berharap masyarakat Sumbar dapat memilah siapa imam yang lebih baik untuk dipilih.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement