Survei Medsos: Jokowi Korban Berat Hoaks Politik Pilpres 2019

Dimas Jarot Bayu
7 Februari 2019, 20:13
Presiden Jokowi
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah
Presiden Jokowi menyampaikan sambutan dalam Rapat Umum Relawan Jokowi di Sentul Internasional Convention Center, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (4/8/2018).

Lembaga survei PoliticaWave menyebutkan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo paling sering menjadi korban kabar bohong alias hoaks politik selama proses pemilihan presiden tahun ini (Pilpres 2019). Berdasarkan pemantauan mereka di media sosial (medsos), sepuluh hoaks yang paling banyak dibicarakan selalu mengarah ke Jokowi.

Pendiri PoliticaWave Yose Rizal mengatakan, hoaks yang paling banyak dibicarakan yakni mengenai penganiayaan aktivis Ratna Sarumpaet. Terdapat 750.482 percakapan di media sosial yang terkait kabar bohong Ratna selama periode 28 Januari – 04 Februari 2019. Peristiwa ini lalu dirahkan kepada presiden ketujuh ini. “Jokowi adalah korban hoaks politik di Indonesia,” kata Yose di Jakarta, Kamis (7/2).

(Baca: Pemukulan Ratna Sarumpaet Masuk Daftar 10 Hoaks Terbesar 2018)

Setelah isu penganiyaan ini, hoaks besar lainnya terkait utang pemerintah senilai US$ 2 miliar. Ada 64.032 percakapan yang membahasnya. Kemudian, 53.450 percakapan membahas kebohongan tujuh kontainer berisikan surat suara yang telah tercoblos. Pada posisi keempat, hoaks paling banyak dibicarakan mengenai transaksi e-Toll yang dikaitkan dengan utang dari Cina, yakni 6.940 percakapan.

Hoaks calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo sebagai kader PKI juga masih ramai dibicarakan. Meski muncul sejak 2014, tercatat masih ada 6.579 percakapan yang membahasnya. Nah, salah satu isu yang paling mutakhir yakni tudingan Jokowi gunakan konsultan asing. Adapun kabar bohong mengenai ijazah SMA Jokowi palsu sebanyak 560 percakapan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...