Gaet 20 Juta Wisatawan, Pemerintah Siapkan Stratagi Dorong Pariwisata

Michael Reily
11 Februari 2019, 19:53
wisatawan
ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko
Wisatawan mengantre naik kapal cepat (fast boat) antarpulau tujuan Bali di Pelabuhan Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Pemerintah menargetkan kedatangan 20 juta turis asing sepanjang 2019. Namun demikian, minimnya kegiatan internasional membuat pemerintah harus bekerja keras dan menerapkan startegi untuk mencapai target tersebut 

"Banyak masalah, tetapi pemerintah harus meningkatkan promosi produk pariwisata," kata Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani,  di Jakarta, Senin (11/2).

Advertisement

Kenaikan tiket untuk wisatawan domestik, yang diterapkan pada awal tahun juga sudah memberi dampak besar pada sektor pariwisata dan usaha yang terkait. 

Karenanya, pemerintah harus menyiapkan anggaran untuk pengembangan titik-titik  pariwisata di Indonesia. Sebab, Kementerian Pariwisata masih terlalu banyak berfokus memasarkan brand 'Wonderful Indonesia'.

(Baca: Kenaikan Tarif Maskapai Penerbangan Memukul Tingkat Hunian Hotel)

Padahal, pemerintah  juga seharusnya harus membuat kebijakan yang meningkatkan aktivitas sektor pendukung pariwisata, terutama di daerah. 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah turis asing yang datang ke Indonesia sepanjang 2018 mencapai 15,8 juta orang. Realisasi tersebut meleset dari jumlah yang ditargetkan pemerintah sebelumnya sebesar 17 juta wisatawan meskipun banyak kegiatan internasional berlangsung di Indonesia tahun lalu seperti Asian Games dan Pertemuan Tahunan Dana Moneter Indonesia (IMF)-Bank Dunia.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement