Gerindra Diprediksi Dapat Kursi Legislatif Terbanyak di DKI Jakarta

Dimas Jarot Bayu
11 Februari 2019, 19:11
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Partai Gerindra diprediksi akan mendapatkan kursi terbanyak dalam Pileg DKI Jakarta 2019 karena unggul di daerah pemilihan DKI I dan II.

Partai Gerindra diprediksi mendapatkan kursi paling banyak dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 di daerah pemilihan DKI Jakarta. Survei terbaru Charta Politika menunjukkan, elektabilitas Gerindra di daerah pemilihan (dapil) DKI I maupun II paling tinggi dibandingkan dengan partai-partai politik lainnya.

Berdasarkan simulasi kertas suara, elektabilitas Gerindra di DKI I yang meliputi Jakarta Timur mencapai 14,6%. Angka ini diperoleh dari suara partai sebesar 8,9% dan enam calon anggota legislatifnya sebesar 5,2%. Caleg yang menyumbang perolehan suara paling tinggi, yakni Habiburokhman sebesar 3,8%.

Advertisement

Posisi kedua di dapil ini ditempati oleh PDIP dengan elektabilitas sebesar 13,4%. Angka ini diperoleh dari suara partai sebesar 9,4% dan enam calegnya sebesar 4%. Caleg yang menyumbang perolehan suara paling tinggi, yakni Putra Nababan sebesar 1,9%.

PKB menempati posisi ketiga dengan perolehan suara sebesar 12,4%. Angka ini diperoleh dari suara partai sebesar 2,8% dan enam calegnya sebesar 9,6%. Caleg yang menyumbang elektabilitas paling tinggi adalah Imam Nahrawi sebesar 8,9%.

"Gerindra akan dapat dua kursi di dapil DKI I. PDIP, PKB, dan PAN masing-masing mendapat satu kursi," kata Direktur Riset Charta Politika, Muslimin di Jakarta, Senin (11/2).

Di dapil DKI II yang melingkupi Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan luar negeri, elektabilitas partai yang dipimpin Prabowo Subianto ini sebesar 26,6%. Angka ini diperoleh dari suara partai sebesar 13,4% dan enam calegnya sebesar 13,2%. Caleg yang menyumbang perolehan suara paling tinggi, yakni Biem Triani Benjamin sebesar 3,8%.

PDIP menyusul di posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 22,3%. Angka ini diperoleh dari suara partai sebesar 10,4% dan enam calegnya sebesar 11,9%. Caleg yang menyumbang perolehan suara paling tinggi, yakni Eriko Sotarduga sebesar 6,1%.

Posisi ketiga ditempati oleh PKS dengan perolehan suara sebesar 8,4%. Perolehan suara partai sebesar 3,6%, sementara kontribusi elektabilitas enam calegnya sebesar 4,8%. Caleg yang menyumbang elektabilitas paling tinggi, yani Hidayat Nur Wahid sebesar 4,4%. "Gerindra akan dapat tiga kursi di dapil DKI II. PDIP mendapat dua kursi. PKS dan PKB masing-masing satu kursi," kata Muslimin.

(Baca: Metode Politik Uang Terus Berkembang, Masyarakat Diminta Kritis)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement