Naik 6%, Pertumbuhan IKM 2019 Diprediksi Lebih Rendah

Image title
Oleh Ekarina
11 Februari 2019, 15:51
UKM Topeng Batik
Donang Wahyu|KATADATA
UKM Topeng Batik

Industri Kecil Menengah (IKM) tumbuh 5%-6% sepanjang 2019. Angka tersebut lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan tahun lalu yang diprediksi mencapai 10%. 

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih mengatakan, target itu ditetapkan sejalan dengan kondisi perekonomian dunia. 

Advertisement

"Tidak usah terlalu besar, 5% atau  kalau bisa 6% sudah bagus. Karena kita juga melihat kondisi ekonomi dunia, bagaimanapun juga ekonomi dunia bisa mempengaruhi," kata dia di Jakarta, Senin (11/2). 

Menurut Gati, jika perekonomian global kondusif, berpotensi mendorong  ekspor produk asal Indonesia, tidak hanya dari sektor industri besar, tapi juga dari produk-produk IKM.

"Kalau perekonomiannya bagus, semakin banyak produk-produk IKM yang bisa ke luar, kan tidak hanya disuplai dari industri besar, IKM juga punya produk," kata Gati.

(Baca: Penjualan Produk IKM di Marketplace Capai Rp 1,3 Miliar)

Produk IKM sektor makanan dan minuman, elektronika, komponen otomotif, tekstil dan produk tekstil, serta kerajinan bisa menjadi andalan untuk mencapai target pertumbuhan IKM tahun ini. 

IKM tersebut diselaraskan dengan industri besar yang difokuskan pemerintah untuk mencapai pertumbuhan industri. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement