Pertamina Temukan Cadangan Minyak Baru di Riau

Image title
11 Februari 2019, 12:32
Sumur Minyak
Chevron
SKK Migas mencatat saat ini ada 14 wilayah yang berpotensi memiliki cadangan migas besar. Estimasi cadangan sumber daya yang diperoleh adalah sebesar 803 juta barel minyak dan 1,59 miliar kaki kubik gas.

Badan Operasi Bersama (BOB) PT Bumi Siak Pusako – Pertamina Hulu berhasil menemukan cadangan minyak baru di Riau. Penemuan cadangan minyak baru ini berasal dari sumur Benewangi yang ditajak tanggal 22 Desember 2018 lalu. Penemuan cadangan minyak ini diharapkan dapat meningkatkan hasil produksi kedua perusahaan.

Penemuan cadangan minyak didapat dari hasil pengeboran sumur Benewangi #J-01 dengan total kedalaman 2.800 kaki (feet). Dari hasil pengujian, minyaknya mengalir ke permukaan secara alamiah (natural flowing) dari 2 prospect lapisan. Namun, belum diungkapkan secara pasti berapa besar cadangan minyak yang baru ditemukan di sumur ini.

“Kami masih mengevaluasi lanjut untuk menghitung besaran cadangan dan produksi yang akan dihasilkan,” ujar Direktur Eksplorasi Pertamina Hulu Energi Abdul Muthalib Masdar, seperti dikutip dalam keterangan resminya Senin (11/2).

(Baca: Jumlah Blok Migas Terus Turun ke Titik Terendah 10 Tahun Terakhir)

Dia mengapresiasi kinerja BOB PT BSP – Pertamina Hulu atas keberhasilannya dalam menemukan cadangan minyak ini. Harapannya, persiapan strategi berikutnya yakni analisa setelah pengeboran atau post drill analysis  segera dilakukan. Sehingga, bisa segera masuk ke tahapan produksi komersial.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...