Sulawesi Selatan Minta Bulog Tingkatkan Serapan Beras Petani 15%

Michael Reily
11 Februari 2019, 13:55
Petani Jeruk
Katadata
Petani menggiling gabah di sawah. Perum Bulog memperkirakan serapan beras petani pada panen raya bisa mencapai 2 juta ton.

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah meminta Bulog meningkatkan penyerapan beras petani  hingga 15%. Sebab, masih ada daerah potensial  di wilayah tersebut yang belum terjangkau oleh Bulog.

“Ada daerah yang belum dilirik seperti Kabupaten Luwu Raya, tantangan Bulog untuk membangun rice processing,” kata dia dalam keterangan resmi, Senin (11/2).

Nurdin juga akan mengeluarkan Peraturan Gubernur agar 15% produksi dapat terserap sebagai Cadangan Beras Pemerintah (CBP). Penyerapan produksi lebih tinggi dihapkan bisa memperkuat ketahanan pangan nasional. 

(Baca: Mengukur Kemampuan Bulog untuk Penyerapan Beras Petani)

Nurdin mengatakan, Sulawesi Selatan merupakan salah satu daerah pemasok beras untuk memenuhi kebutuhan 27 provinsi di Indonesia. 

Untuk memaksimalkan penyerapan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Perum Bulog Divisi Regional Sulawesi Selatan dan Barat pun melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) terkait penyediaan data dan informasi wilayah panen.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...