Asing Lepas Saham Hingga Rp 317 Miliar, IHSG Turun 0,11% pada Sesi I

Happy Fajrian
14 Februari 2019, 14:09
Bursa saham
ANTARA FOTO/M. Agung Rajasa
Layar pergerakan IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) mengakhiri perdagangan sesi I hari ini, Kamis (14/2) dengan terkoreksi sebesar 0,11%. Tekanan terhadap IHSG datang dari investor asing yang melanjutkan melepas sahamnya hingga mencapai Rp 306,56 miliar di seluruh pasar.

Beberapa saham yang paling banyak dilepas investor asing dari pagi hingga siang ini, empat saham teratas merupakan saham bank yaitu PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) senilai RP 147 miliar, PT Bank Permata Tbk (BNLI) Rp 41,4 miliar, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) Rp 37,7 miliar, serta PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) Rp 34 miliar.

Advertisement

Sedangkan saham non bank yang paling banyak dilepas investor asing yaitu PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) senilai Rp 31,7 miliar, PT Waskita Karya Tbk (WSKT) Rp 25,8 miliar, PT XL Axiata Tbk (EXCL) Rp 24,3 miliar, dan PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) Rp 12,2 miliar.

Koreksi pada IHSG hari ini sendiri didorong oleh beberapa indeks sektoral yang mengalami koreksi cukup dalam yang dipimpin sektor aneka industri dengan koreksi paling besar 1,18%, diikuti sektor manufaktur yang turun 0,35%, kemudian sektor keuangan turun 0,33%, dan sektor industri dasar turun 1,15%.

(Baca: Investor Masih Waspadai Negosiasi AS-Tiongkok, IHSG Dibuka Positif)

Sejumlah bursa saham Asia pun mencatatkan kinerja yang serupa dengan IHSG. Indeks Strait Times, Shanghai, Hang Seng, dan Nikkei, sempat didera aksi ambil untung investor setelah pada perdagangan kemarin mencatatkan kenaikan yang cukup signifikan di atas 1%.

Keempat indeks tersebut juga mengakhiri perdagangan sesi I hari ini dengan duduk di zona merah. Namun hingga berita ini ditulis indeks Strait Times dan Shanghai telah kembali ke zona hijau, masing-masing naik 0,11% dan 0,07%. Sedangkan indeks Hang Seng masih terkoreksi 0,26%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement