Harga Saham Naik Hingga 238%, BEI Akan Suspen Perdagangan Saham FREN

Happy Fajrian
14 Februari 2019, 20:24
Smartfren
Arief Kamaludin | Katadata

Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan akan menghentikan sementara perdagangan saham dan waran Seri II PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) pada perdagangan Jumat (15/2) besok karena telah terjadi peningkatan harga yang signifikan pada saham tersebut.

Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI Lidia M. Panjaitan dalam keterangan tertulisnya hari ini, Kamis (14/2) menjelaskan, penghentian sementara perdagangan saham FREN dilakukan dalam rangka cooling down atau pendinginan karena terjadi peningkatan harga kumulatif yang signifikan pada saham tersebut.

"Penghentian sementara perdagangan saham dan waran seri II FREN dilakukan dengan tujuan untuk memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang keputusan investasinya di saham dan waran FREN," terang Lidia.

(Baca: 10 Saham Tercuan Pekan Enam, Saham Smartfren Naik Hingga 56%)

Lidia menambahkan, penghentian perdagangan saham dan waran FREN dilakukan di pasar reguler dan di pasar tunai. Dia menghimbau agar para pihak yang berkepentingan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh perusahaan terkait.

Sepanjang tahun ini, atau secara year to date (ytd) saham FREN memang mengalami kenaikan harga yang sangat signifikan. Saham FREN menutup perdagangan tahun 2018 pada posisi Rp 78 per lembar saham. Pada perdagangan saham hari ini, Kamis (14/2), harga saham FREN telah melesat ke level Rp 264 per saham atau naik 238,46% ytd.

Dalam keterbukaan informasi yang disampaikan perseroan pada Jumat (8/2) pekan lalu, Smartfren menjelaskan bahwa perseroan tidak mengetahui adanya informasi atau fakta material yang dapat mempengaruhi nilai efek perusahaan atau keputusan investasi pemodal, atau adanya aktivitas dari pemegang saham tertentu, atau memiliki rencana untuk melakukan aksi korporasi dalam waktu dekat. Dengan kata lain, pergerakan harga FREN di BEI adalah murni dari mekanisme pasar. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...