Kementerian Keuangan Raih Penghargaan Pengelolaan Arsip

Rizky Alika
15 Februari 2019, 17:38
IED 2019
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Sri Mulyani selaku mentri keuangan dalam acara Indonesia Economi Day 2019(IED 2019) di Hotel Mulia, Jakarta (31/1).

Kementerian Keuangan menerima anugerah pengelolaan arsip dengan Akreditasi A atau sangat baik dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan penghargaan ini menjadi pengakuan dan pengingat untuk menjaga kualitas pengelolaan arsip dan layanan bagi masyarakat.

Karena itu, instansinya akan terus mempermudah akses terhadap dokumen kearsipannya dengan inovasi dan kreativitas. Terlebih lagi, Kementerian Keuangan merupakan institusi yang berada di atas tambang data. “Sehingga akses terhadap dokumen kearsipan semakin lebih mudah,” kata Sri Mulyani dalam keterangan resminya di Yogyakarta Jumat (15/2).

(Baca: Kompetisi #GirlsTakeover Digelar, Tiga Pemenang Jadi Menkeu Sehari)

Pelaksanaan akreditasi ini juga sebagai indikasi kepatuhan Kementerian dalam menyelenggarakan kearsipan sesuai perundang-perundangan. Kepatuhan tersebut dihadapkan dengan inovasi atau compliance over substance. Sri Mulyani menilai penghargaan diperoleh lantaran ada inovasi dan terobosan instansinya.

Saat ini, Kemenkeu juga membangun budaya dan mindset digital dalam proses transformasi di organisasi. Budaya digital tersebut meliputi transformasi sistem, proses bisnis dan perilaku setiap kegiatan Kementerian, termasuk pengarsipan.

Adapun penerapan cyber-physical systems, the Internet of things, cloud computing, dan komputasi kognitif akan mempengaruhi pengarsipan data dan dokumen. Atas hal tersebut, Sri Mulyani berharap instansinya dapat mengkomunikasikan transformasi digital kepada ANRI.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...