Kubu Jokowi Petakan Lima Wilayah Pertempuran Utama Lawan Prabowo

Ameidyo Daud Nasution
15 Februari 2019, 21:50
Debat Capres I 2019
Arief Kamaludin | Katadata
Ada lima wilayah yang diperkirakan akan menjadi titik pertempuran utama bagi Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga.

Kubu pasangan calon (paslon) Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin telah memetakan lima wilayah yang bakal menjadi mother of battle atau pertempuran utama melawan paslon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Tim sukses pasangan calon nomor urut 01 menyiapkan dua strategi untuk merebut suara pemilih di kelima wilayah tersebut.

Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Johnny G. Plate, mengatakan kelima wilayah tersebut merupakan kunci pertarungan dalam Pilpres yang akan berlangsung dua bulan lagi. Dia mengatakan wilayah-wilayah tersebut merupakan hasil pemetaan yang dilakukan pihak TKN secara internal. Namun, Johnny enggan mengungkapkan di mana saja titik pertempuran utama tersebut. "Kami sudah lihat mapping-nya, di mana pertarungan harus dilakukan," kata Johnny.

Strategi pertama TKN adalah memperlebar selisih elektabilitas apabila paslon 01 unggul di wilayah tersebut. Strategi kedua dilakukan dengan mempersempit kekalahan di wilayah yang menjadi basis suara Prabowo-Sandiaga. Johnny memastikan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan spasial atau wilayah.

Meski demikian, tidak serta merta-merta kelima titik pertempuran utama tersebut berada di lima provinsi. "Di wilayah yang tertinggal kami akan melakukan penetrasi politik melalui operasi darat yang masif," kata dia.

(Baca: DBS: Jokowi Unggul tapi Isu Ekonomi Bisa Persempit Elektabilitas)

Secara nasional, Johnny masih yakin elektabilitas paslon 01 lebih baik ketimbang lawannya. Bahkan, dia menyebut suara yang didapat Jokowi berdasarkan survei internal sedikit lebih baik ketimbang yang kerap disampaikan lembaga survei kepada publik. "Dari internal kami bukan satu, tapi beberapa lembaga dan beberapa periode waktu," kata dia.

Sementara itu, Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto mengutip pesan Wakil Ketua TKN Moeldoko yang telah menyampaikan pemetaan untuk mengetahui daerah mana saja yang dikuasai paslon nomor urut 02 dan daerah yang menjadi basis Jokowi-Ma'ruf. Pemetaan itu juga mencakup wilayah yang dapat dikatakan abu-abu.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...