OYO Hadir di Medan, Sewakan 6 Ribu Kamar se-Indonesia

Desy Setyowati
15 Februari 2019, 15:40
OYO
Twitter/@oyorooms
Salah satu properti OYO di Sussex, Inggris.

Masuk Indonesia sejak Oktober 2018 lalu, unicorn di bidang akomodasi asal India, OYO kini telah menyewakan 6 ribu kamar di Tanah Air. Total, OYO sudah menggandeng 200 hotel di 30 kota di Indonesia. Hingga akhir 2019, OYO menargetkan bisa hadir di 100 kota di Nusantara.

Yang terbaru, OYO bekerja sama dengan 12 hotel di Medan, Sumatera Utara. "Wisatawan yang datang ke Medan dapat dengan mudah memesan akomodasi yang bestandar melalui OYO," ujar Country Head OYO Indonesia Rishabh Gupta dalam siaran pers, Jumat (15/2).

Menurutnya, Medan merupakan salah satu kota bisnis terpenting di luar pulau Jawa. Medan menjadi kota yang dinamis, karena ada akses menuju pusat kota baik dari pelabuhan dan bandara yang dilengkapi jalan tol dan terintegrasi dengan kereta api.

(Baca: Survei Booking.com Sebut Orang Indonesia Berwisata Demi Gengsi)

Sejalan dengan hal itu, ia melihat adanya peluang besar bagi industri hotel budget lokal di Medan. Namun, biasanya hotel bertarif rendah di daerah menghadapi tantangan seperti fasilitas, kualitas pelayanan, ragam pilihan kamar, dan strategi pemasaran untuk bersaing dengan hotel besar.

Hal ini kemudian menjadi peluang bagi OYO. "Setiap properti di jaringan OYO Hotels dilengkapi dengan fitur-fitur utama termasuk AC, televisi, WiFi gratis, air panas, perlengkapan mandi, dan kamar mandi yang higienis," kata Rishabh.

Ia menambahkan, pertumbuhan OYO di Medan cukup signifikan. Secara nasional, OYO tumbuh lima kali lipat sejak hadir pada Oktober 2018. Rata-rata okupansi para mitra OYO meningkat sebesar 80% dibandingkan sebelum bergabung. "OYO Hotels juga sukses menambah 70 hotel dalam jaringannya setiap bulan,” ujar dia.

(Baca: Dua Bulan Beroperasi, Unicorn India OYO Gandeng 150 Hotel di Indonesia)

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...