Prabowo Tanpa Beban di Debat Kedua, Jokowi Akan Banyak Senyum

Ameidyo Daud Nasution
17 Februari 2019, 19:25
Persiapan menjelang Debat Capres 2019
ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Sejumlah petugas dan kru televisi bersiap melakukan gladi bersih Debat Capres 2019 Putaran Kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (16/2/2019).

Presiden petahanan Joko Widodo dan penantangnya Prabowo Subianto akan saling berhadapan dalam Debat Capres 2019 kedua dengan tema energi, pangan, sumber daya alam (SDA), lingkungan hidup, dan infrastruktur. Koordinator juru bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak menilai tema debat kali ini tak akan menguntungkan Jokowi.

Dahnil menilai Jokowi memiliki beban paling berat terkait tema debat karena berbagai janji belum terealisasi. "Justru keliru yang menyatakan (tema debat kedua) ini adalah Pak Jokowi banget. Malah ini enggak Pak Jokowi banget," kata Dahnil di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2).

(Baca juga: Jaga Kerahasiaan, Pertanyaan Debat Capres Baru Diserahkan Siang Ini)

Dahnil mencontohkan salah satu beban janji tersebut terkait masalah impor pangan. Jokowi ketika kampanye Pilpres 2014 sempat berjanji untuk tidak melakukan impor pangan. Kenyataannya, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), impor beras pada 2018 mencapai 2,25 juta ton.

Ada pun, impor jagung tahun lalu mencapai 180 ribu ton. "(Janji) enggak impor pangan, ternyata dikhianati, enggak ditepati," kata Dahnil.

Sebaliknya, Dahnil menilai Prabowo hadir tanpa ada beban. Justru, dia mengklaim Ketua Umum Gerindra itu datang membawa harapan baru.  (Baca juga: Sandiaga Uno Belum Pasti Hadiri Debat Pilpres Putaran Kedua)

Menurut Dahnil, Prabowo akan menawarkan solusi perubahan atas berbagai persoalan tersebut. Ada pun, Dahnil menyebut ada tiga formulasi penting yang akan disampaikan Prabowo saat debat kedua.

Pilih Tampil Beda

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...