Sepakat soal Isu Lingkungan, Prabowo Tak Mau Diadu Lagi dengan Jokowi

Dimas Jarot Bayu
17 Februari 2019, 22:37
Debat Capres II
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) bersiap memulai debat capres 2019 disaksikan Ketua KPU Arief Budiman (tengah) di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Debat itu mengangkat tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.


Kedua calon presiden, Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto sepakat untuk memberantas pencemaran lingkungan yang terjadi di Indonesia. Prabowo kali ini tidak mau diadu lagi dengan Jokowi karena keduanya memiliki visi yang sama di bidang lingkungan hidup.

Hal itu disampaikan kedua capres dalam segmen keempat Debat Capres 2019 putaran kedua. Awalnya, moderator debat memutarkan video masih adanya 8 juta hektare lubang tambang pada 2018 yang belum dieksplorasi. Kemudian, moderator meminta para kandidat untuk membeberkan strategi mereka mengatasi hal tersebut.

Prabowo mengatakan, persoalan tersebut telah terjadi selama bertahun-tahun. Prabowo menilai persoalan ini seolah menjadikan negara telah dikooptasi oleh perusahaan swasta.

Dia pun menilai masalah ini dapat dianggap sebagai kolusi, di mana ada kerja sama antara pejabat pemerintah dengan perusahaan swasta besar. "Akhirnya dia lolos, tidak akan ditindak," kata Prabowo di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2).

Prabowo merasa prihatin dengan masalah tersebut. Untuk itu, Prabowo menilai dibutuhkan pemerintah yang tegas dan berani menindak para perusahaan pencemar lingkungan tersebut. Ketua Umum Gerindra itu menilai pemerintah bisa mengejar para perusahaan pencemar lingkungan yang sudah tidak berada di Indonesia melalui jalur kerja sama internasional, misalnya lewat Interpol. "Kalau seandainya saya memimpin, saya cari jalan mengatasi ini," kata Prabowo.

(Baca: Jatam Soroti Oligarki Tambang di Sekitar Jokowi-Prabowo)

Reboisasi dan Reklamasi

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...