Pertamina dan Pelindo Kerja Sama Distribusi Energi

Image title
18 Februari 2019, 18:55
TBBM Pertamina Maumere
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA
Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Maumere, NTT. Pertamina dan Pelindo kerja sama distribusi energi.

PT Pertamina Persero dan PT Pelabuhan Indonesia Pelindo I,II,III dan IV sepakat kerja sama distribusi energi untuk pelabuhan. Menteri BUMN Rini Soemarno menyatakan kerja sama sinergi BUMN sudah lama diharapkan dapat menunjang konektivitas antarpelabuhan untuk menurunkan biaya logistik.

“Konektivitas antarpelabuhan jadi penting untuk turunkan biaya logistik, dan layanan menjadi tepat waktu dan efisien,” kata Rini saat meghadiri proses penandatanganan kerja sama kedua BUMN tersebut, Senin (18/2).

Advertisement

(Baca: Pertamina Tambah 18 SPBU dan 6 Layanan BBM di Tol Trans Jawa)

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menambahkan pentingnya kerja sama karena pelabuhan merupakan pintu gerbang bisnis dunia yang akan menggerakkan perekonomian nasional. Dalam kerja sama ini, Pertamina harus memastikan ketersediaan dan ketahanan energi di setiap pelabuhan di seluruh Indonesia.

Nicke menyatakan, khusus untuk kerja sama bisnis yang sifatnya quick win akan dilakukan dalam tiga lini bisnis yakni, penggunaan BBM di seluruh pelabuhan, penggunaan pelumas Pertamina, serta pengembangan LNG Retail di Pelabuhan Benoa, Bali. Saat ini penggunaan BBM di kawasan pelabuhan yang dikelola Pelindo per tahun kurang lebih 360 ribu kiloliter (KL).

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement