Di Hadapan Santri, Menaker: Jangan Tinggalkan yang Sudah Nyata

Dimas Jarot Bayu
20 Februari 2019, 23:32
Hanif Dakhiri
Arief Kamaludin|Katadata
Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri mengklaim pemerintahan Presiden Joko Widodo memiliki komitmen bagi para santri dan dunia pesantren.

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri mengklaim Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan pemimpin yang dekat dengan para ulama, kyai, dan santri. Jokowi, kata Hanif, telah banyak memberikan kebijakan yang berpihak kepada mereka.

Hanif mengatakan, salah satu komitmen Jokowi adalah denga menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. "Ini pengakuan penting dari negara dan pemerintah kepada kaum santri yang telah berjuang," kata Hanif di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (20/2).

Jokowi juga dinilainya telah banyak memberikan apresiasi kepada santri dan dunia pesantren lewat adanya bank wakaf mikro, pembangunan rumah susun sewa (rusunawa) pesantren, redistribusi lahan yang melibatkan pesantren. Ada pula skema kredit untuk kalangan pesantren agar tumbuh menjadi wirausahawan baru.

(Baca: Tekan Ketimpangan, Pemerintah Cetak Santripreneur dan Petani Muda)

Yang terbaru, Hanif menyebut Jokowi mencanangkan pembentukan seribu Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas di pesantren pada 2019. Total anggaran untuk pembangunan seribu BLK Komunitas di pesantren mencapai Rp 1 triliun.

Menurut Hanif, pembentukan BLK Komunitas di pesantren tahun ini meningkat drastis dibandingkan dua tahun sebelumnya. Pada 2017, pemerintah hanya membentuk 50 BLK Komunitas di Pesantren. Tahun lalu, hanya 75 BLK Komunitas di Pesantren yang dibentuk.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...