Fintech OneConnect Bawa Investasi Rp 140 miliar ke Indonesia

Cindy Mutia Annur
20 Februari 2019, 16:43
OneConnect
Katadata/Cindy Mutia
PT OneConnect Financial Technology (OneConnect), anak usaha Grup Ping An Insurance di bidang financial technology (fintech) resmi beroperasi, Rabu (20/2).

PT OneConnect Financial Technology (OneConnect), anak usaha Grup Ping An Insurance di bidang financial technology (fintech) resmi beroperasi. Ping An yang merupakan salah satu perusahaan asuransi terbesar di Tiongkok itu menyiapkan US$ 10 juta atau sekitar Rp 140 miliar di Indonesia.

CEO OneConnect Financial Technology, Tan Bin Ru mengatakan, dirinya yakin kehadiran perusahaan fintech ini di Indonesia dapat menjadi salah satu investasi terbesar perusahaanya.

“Di Singapura, kami menginvestasikan US$ Singapura 10 juta. Tentunya kami akan menyiapkan jumlah yang sama di Indonesia,” ujar Tan saat ditemui di Hotel Kempinski, Rabu (20/2).

Lebih lanjut Tan mengatakan, timnya telah paham berbagai tantangan yang dialami industri fintech di Indonesia. Ia berharap Indonesia bisa memanfaatkan OneConnect yang menggunakan teknologi mobile-first untuk meningkatkan akses finansial lewat platform digital seperti di Tiongkok.

(Baca: Startup Fintech atau Travel Berpeluang jadi Unicorn Kelima Indonesia)

Sebagai perusahaan penyedia software as a service (SaaS), OneConnect menawarkan teknologi untuk mempermudah lembaga finansial mikro dan menengah. Beberapa layanan yang ditawarkan merupakan layanan di bidang artificial intelligence, blockchain, platform cloud, dan biometric identification.

Salah satu keunggulan OneConnect adalah Autentikasi Biometrik dalam bentuk pengenalan wajah atau facial recognation (FR)  yang memiliki tingkat akurasi 99,8% dan telah diakui sebagai nomor satu di dunia oleh Labeled Faces in the Wild (LFW). 

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...