Jokowi Lantik Syamsuar-Edy Natar Jadi Gubernur dan Wagub Riau

Dimas Jarot Bayu
20 Februari 2019, 10:44
Gubernur Riau Syamsuar dan Wagub Edy Natar Nasution
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Gubernur Riau terpilih Syamsuar (kiri) dan Wakil Gubernur Riau terpilih Edi Natar Nasution (kanan) melambaikan tangan sebelum acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta (20/2/2019).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik pasangan Syamsuar dan Edy Natar Nasution sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Riau untuk masa jabatan 2019-2024. Keduanya menggantikan Wan Thamrin Hasyim yang masa jabatannya telah berakhir pada tahun ini.

Prosesi pelantikan Syamsuar-Edy dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/2). Pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden RI Nomor 20/P tahun 2019 tanggal 20 Februari 2019 tentang Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Masa Jabatan 2019-2024.

Advertisement

Acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan terhadap Syamsuar-Edy. Pengambilan sumpah jabatan tersebut dipimpin langsung oleh Jokowi dan diikuti keduanya. "Saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," ujar Syamsuar dan Edy.

Acara kemudian diakhiri dengan penandatanganan berita acara. Setelahnya, Jokowi dan para pejabat negara yang hadir memberikan ucapan selamat atas posisi baru yang diemban Syamsuar-Edy sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Riau. 

Dalam acara tersebut, tampak hadir Wakil Presiden Jusuf Kalla, sejumlah menteri Kabinet Kerja, Ketua MPR sekaligus Ketua Umun PAN Zulkifli Hasan, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto. Ada pula pimpinan lembaga negara lainnya yang turut hadir dalam acara tersebut.

(Baca: Jokowi Dukung Riau Dapatkan Hak Kelola Blok Rokan di Atas 10%)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement