Kominfo Kaji Data Sektor Energi Masuk Kategori Strategis

Cindy Mutia Annur
20 Februari 2019, 06:31
Total Migas
Arief Kamaludin | Katadata

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah mengkaji kemungkinan untuk menggolongkan data sektor energi dalam kategori strategis. Hal itu tengah dibahas dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

“Kami akan berbicara mendalam dengan Kementerian ESDM mana yang penting. Sektor keuangan jelas itu sudah terakui,” kata Sekretaris Ditjen Aplikasi Informatika (Aptika), Kementerian Kominfo, Sadjan di Jakarta, Selasa (19/2).

Advertisement

Lebih lanjut Sadjan mengatakan, klasifikasi data ini berkaitan dengan rencana revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 82 Tahun 2012 mengenai Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik. Dalam revisi peraturan tersebut disebutkan, klasifikasi data dibagi menjadi tiga; data elektronik strategis, data elektronik tinggi, dan data elektronik rendah.

Di antara ketiganya, data elektronik tinggi dan data elektronik rendah masih bisa disimpan di luar negeri demi efisiensi usaha. Sementara data elektronik strategis yang harus ada di Indonesia.

(Baca: Pemerintah Siap Revisi Aturan Filantropi Demi Akomodir Donasi Digital)

Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi tak banyak berkomentar soal wacana tersebut. Sebab, banyak perusahaan asing berinvestasi di sektor energi, terutama minyak dan gas (Migas).

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement