Kredit Tumbuh Dua Digit, Danamon Raup Laba Bersih 2018 Rp 3,92 Triliun

Image title
20 Februari 2019, 20:59
Bank Danamon
Arief Kamaludin|Katadata

PT Bank Danamon Indonesia Tbk. berhasil membukukan laba bersih Rp 3,92 triliun pada 2018, tumbuh 6,52 % dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp 3,68 triliun. Capaian laba bersih Danamon tahun lalu ditopang oleh pertumbuhan kredit yang mencapai dua digit pada beberapa segmen.

"Secara total, di luar penyaluran kredit mikro, total portofolio dan kredit perdagangan tumbuh 12 % menjadi Rp 137,2 triliun dibandingkan dengan tahun sebelumnya," kata Direktur Utama Bank Danamon Sng Seow Wah di kantornya, Jakarta, Rabu (20/2).

Portofolio penyaluran kredit segmen enterprise banking yang terdiri dari perbankan korporasi, komersial, dan institusi keuangan tumbuh 11 % menjadi Rp 41,5 triliun. Sementara penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) melonjak hingga 29 % menjadi Rp 7,8 triliun. Portofolio perbankan di sektor penyaluran kredit usaha kecil menengah (UKM) naik 10 % dibandingkan penyaluran pada tahun lalu menjadi Rp 31,2 triliun.

(Baca: BEI Pantau Operasional dan Nasib Karyawan Pasca Merger Danamon dan BNP)

Selain itu, pembiayaan kendaraan bermotor melalui Adira Finance naik 13 % secara keseluruhan menjadi Rp 51,3 triliun pada 2018. Kenaikan dua digit pembiayaan ini terdiri dari pembiayaan baru yang tumbuh 15 % untuk kendaraan roda dua, sementara roda empat tumbuh 23 %.

Selain itu, penyaluran kredit di 2018 juga dibarengi dengan peningkatan kualitas kredit. Rasio kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL) terjaga pada level 2,7 %, lebih rendah jika dibandingkan dengan NPL setahun sebelumnya yang berada di level 2,8 %.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...