Lebih Rendah Dari Asumsi Bulog, Harga Rastra Ditetapkan Rp 10.219/kg

Michael Reily
20 Februari 2019, 18:17
Ilustrasi Beras Bulog
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA
Ilustrasi stok beras di gudang Bulog. Pemerintah menetapkan harga penggantian rastra Rp 10.219 per kg.

Pemerintah menetapkan penggantian beras sejahtera (Rastra) Bulog untuk penyaluran Januari sampai April seharga Rp 10.219 per kilogram. Pada kuartal I 2019, Perum Bulog mendistribusikan Rastra sebanyak 213 ribu ton kepada 5,3 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 295 kabupaten.

Harga penggantian rastra telah ditetapkan dan disepakati berdasarkan hasil keputusan Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. 

Advertisement

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan harga pergantian itu mengikuti hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Namun angka  tersebut lebih rendah dari kisaran harga yang diusulkan Bulog sebesar Rp 11.100 per kilogram.

“Kami sepakat ikut BPKP, harga yang lebih rendah, untuk biaya rastra,” kata Moeldoko usai rapat, di Jakarta, Rabu (20/2). 

(Baca: Lebih Besar, Bulog Targetkan Operasi Pasar 1,48 Juta Ton Beras di 2019)

Dia mengaku Bulog juga sempat menyatakan keberatannya terhadap keputusan pemerintah karena harganya lebih rendah, sehingga tak sejalan dengan hitungan bisnis Bulog. Namun, rapat akhirnya memutuskan supaya kesepakatan harga tetap berjalan.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement