LSI Denny JA: Sembilan Partai Terancam Gagal Masuk Parlemen

Dimas Jarot Bayu
20 Februari 2019, 19:39
Partai politik
ANTARA/OKY LUKMANSYAH
Menurut survei LSI Denny JA, 9 partai politik terancam tak lolos ambang batas parlemen.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mencatat ada sembilan partai politik yang terancam gagal masuk parlemen. Sebab, elektabilitas sembilan partai tersebut tak memenuhi ambang batas parlemen (parliamentary threshold) sebesar 4%.

Sembilan partai itu adalah Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), Hanura, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Garuda, Partai Berkarya, Partai Bulan Bintang (PBB), serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Elektabilitas Perindo sebesar 3,6%, disusul PPP dan PAN masing-masing sebesar 3,5% dan 1,5%.

Perolehan suara Hanura sebesar 0,5% sedangkan PSI memiliki elektabilitas 0,4%. Di bawahnya, ada Garuda dengan elektabilitas sebesar 0,3% dan Berkarya 0,1%. Dalam survei LSI Denny JA, PBB dan PKPI sama sekali tak mendapatkan suara dari responden.

Peringkat tertinggi sementara ini masih ditempati Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan elektabilitas sebesar 23,7%. Gerindra menempati posisi kedua dengan tingkat kedipilihan 14,6%. Posisi itu disusul Golkar dengan elektabilitas sebesar 11,3%.

"PDIP masih juara satu, unggul di aneka segmen pemilih," kata peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar di kantornya, Jakarta, Rabu (20/2). Elektabilitas PKB sebesar 8,2%. Adapun Demokrat saat ini memiliki perolehan suara sebesar 5,4%.

LSI Denny JA menyebut, Nasdem memiliki elektabilitas sebesar 4,5%. Sementara, elektabilitas PKS sebesar 4%. "Nasdem tampil sebagai kekuatan baru, bahkan potensial masuk empat atau lima besar, menyaingi PKB dan Demokrat," kata Rully.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...